Aliansi Gerak Rakyat Tutup PT TPL Demo, Satu Kata: Tutup!

Rabu, 24 November 2021 15:30

digtara.com – Puluhan massa dari aliasi gerak rakyat tutup PT Toba Pulp Lestari (TPL) melakukan demonstrasi di depan gedung DPRD Sumatera Utara. Mereka meminta agar pemerintah segera menghentikan operasional PT TPL dan cabut ijin konsensi di tano Batak.

Abdul Halim Sembiring, pimpinan aksi mengatakan, aksi ini dilakukan serentak di seluruh indonesia, terdiri dari masyarakat adat, mahasiswa dan komunitas batak lainnya.

Halim menyayangkan adanya PT TPL tersebut. Selain merusak lingkungan PT TPL kerap kali menimbulkan kegaduhan dan kriminalisasi di masyarakat adat.

“Konflik seringkali terjadi tindakan provokasi dan adu domba sesama masyarakat adat yang dilakukan oleh PT TPL, bahkan banyak masyarakat adat yang menjadi korban kekerasan hingga memakan korban jiwa, “ungkapnya.

Semenjak berdirinya perusahaan tersebut mengakibatkan kehidupan masyarakat adat semakin terpuruk kehidupan yang rukun kini terpecah belah.

Bahkan bencana alam semakin kerap terjadi semenjak adanya perusahaan tersebut. Tanaman yang menjadi sumber air kehidupan kini sirna keberadaannya.

“Yang harusnya kekayaan alam di tano batak menjamin masa depan generasi, dengan sumber daya alam yang subur, sawah ladang, hutan dan lainnya perlahan tinggal hanya cerita, ” katanya.

Untuk itu pihaknya dan rekan lainnya menuntut pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar hentikan Oprasional PT. Toba Pulp Lestari (TPL) , cabut ikin konsensi

Laman: 1 2

Berita Terkait