Amankan PON, Mabes Polri Kirim Densus 88 ke Papua Pekan Depan

Jumat, 10 September 2021 09:00

digtara.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) bakal digelar di Papua bulan depan. Mabes Polri pun memulai persiapan pengamanan dengan mendatangkan pasukan pengamanan tambahan seperti Densus 88 Antiteror Polri.

“Minggu depan (pasukan mulai ditambah) saat ops Pam POM dilaksanakan, 18 September 2021. Semua unsur kepolisian dilibatkan,” kata Imam saat menjawab terkait pengerahan Densus 88 dalam pengamanan PON, Kamis (9/9).

Pasukan itu, kata dia, akan disebar di empat wilayah Papua yang menjadi tempat penyelenggaraan PON, yakni Kota Jayapura, ada Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Setidaknya, akan ada 1.600 pasukan dari Korps Brimob se-Nusantara yang akan diperbantukan untuk pengamanan PON

Diketahui, kepolisian mengantisipasi ancaman dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) selama gelaran PON Oktober nanti. KKB merupakan sebutan aparat terhadap kelompok militan OPM yang melakukan gerakan dan perlawanan separatis dengan membawa senjata.

Kekinian, pemerintah menetapkan kelompok separatis tersebut sebagai teroris.

PON akan digelar pada 2-15 Oktober mendatang. Namun demikian, pemerintah belum memutuskan apakah kegiatan tersebut akan dilakukan dengan atau tanpa penonton.

Laman: 1 2

Berita Terkait