Nah Kan.. yang Ditakutkan Terbukti, 4 TKA China Positif Covid-19 di Maluku

Kamis, 15 Juli 2021 12:30
int/digtara
Potret masuknya TKA asal China ke Indonesia

digtara.com – Gelombang masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China akhir-akhir ini kerap diprotes. Dan tampaknya kecaman kian meningkat menyusul ditemukannya 4 orang TKA China yang positif terpapar Covid-19 corona saat bekerja di sebuah perusahaan di Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Pemprov Maluku dr Adonia Rerung membenarkan informasi terpaparnya sejumlah tenaga kerja asal China itu. Kata dia, penemuan kasus positif itu berawal dari seorang tenaga kerja asing asal China bernama Cao Changgin yang terpapar corona.

Ia bilang setelah melakukan penelusuran di tempat kerja Cao Changgin petugas menemukan ada tenaga kerja asal China lainnya dan tenaga kerja lokal yang juga terinfeksi.

“Saya juga meluruskan bukan 19 TKA positif, namun hanya 4 orang, sisanya perawat, pegawai dan tenaga kerja lokal,” kata Adonia, Kamis (14/7).

Awalnya, Cao Changgin hendak berobat dengan gejala penyakit batuk, flu dan demam di RSUD Bula. RSUD lalu memutuskan Cao menjalani tes antigen. Hasil tes menunjukkan Cao positif Covid-19.

RSUD kemudian melaporkan kepada Dinas Kesehatan Seram Bagian Timur, tentang kasus Cao, dan meminta agar segera melakukan pelacakan di tempat WNA bekerja. Kemudian, seluruh TKA dan tenaga lokal menjalani tes antigen.

Laman: 1 2