Harimau Mangsa Hewan Ternak Warga, TNGL Akan Pasang Kamera Pengintai Pantau Pergerakan

Sabtu, 25 Desember 2021 11:00

digtara.com – Pasca masuknya Harimau ke perkampungan warga Kecamatan Sei Lepan dan memangsa satu ekor hewan ternak, pihak TNGL berencana akan memasang kamera pengintai untuk melihat pergerakan binatang buas tersebut.

Kamera tersebut nantinya akan dipasang di sejumlah titik yang dianggap tempat atau lokasi perlintasan Harimau saat masuk ke pemukiman masyarakat.

“Rencananya kita memang akan memasang kamera pengintai. Dan memang harus memasangnya, sebab biar kita tau pergerakan harimau tersebut setelah meneror warga sekitar,” ujar Ruswanto, Kepala Bidang Pengelolaan TNGL wilayah III saat dikonfirmasi digtara.com, Sabtu (25/12/21).

Dijelaskannya, pasca penyerangan Harimau terhadap hewan ternak warga, pihak TNGL juga telah melakukan upaya dengan memberikan suara letusan atau mercun di sekitar areal peristiwa.

“Suara ledakan itu dapat mengusir Harimau masuk ke dalam habitatnya. Sebab dengan suara tersebut mereka merasa terganggu dan takut,” terangnya.

Selain itu, pihak TNGL juga sudah memintai keterangan dari warga sekitar terkait masuknya Harimau ke pemukiman warga dan memangsa satu ekor hewan ternak.

“Keterangan atau informasi yang kita ambil dari warga sebagai acuan untuk tindakan selanjutnya yang akan kita lakukan untuk mengatasi masalah ini agar Harimau tidak lagi masuk meneror warga sekitar,” tutupnya.

 

Berita Terkait