BBM Premium Bakal Dihapuskan, Kementerian ESDM Berikan Kompensasi ke Pertamina

Rabu, 19 Januari 2022 16:56
ilustrasi
SPBU Pertamina

digtara.com – Seiring kebijakan penghapusan Premium, Kementerian ESDM berencana memberikan kompensasi kepada PT Pertamina (Persero) atas penjualan bahan bakar minyak jenis Pertalite. BBM Premium Bakal Dihapuskan

Disampaikan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji, BBM Premium akan menghilang, diganti dengan BBM yang lebih ramah lingkungan.

“Premium itu secara natural akan habis, kemudian Pertalite akan muncul,” katanya melansir suara.com–jaringan digtara.com, Rabu (19/1/2021).

Hal ini dijelaskan pula melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM, pemerintah bisa memberikan kompensasi atas BBM khusus penugasan.

Baca: Dialog dengan Tokoh Agama, Kapolri-Panglima TNI Dukung Wisata Premium di Labuan Bajo

Pertalite tidak lain merupakan campuran RON 88 (Premium) yang adalah BBM khusus penugasan. Kendati demikian, Tutuka mengatakan pihaknya masih mengkaji besaran kompensasi dan membahasnya dengan PT Pertamina (Persero).

“Premium yang ada di dalam Pertalite bisa diberikan kompensasi, itu yang sedang kita kaji dengan Pertamina besarannya berapa,” katanya.

Secara terpisah, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih menambahkan di dalam Pertalite ada komponen Premium yang bisa dikompensasikan.

Ia menjelaskan, subsidi diberikan dalam rangka menyediakan BBM dengan kualitas yang baik dengan tetap mempertimbangkan keterjangkauannya bagi masyarakat.

Laman: 1 2

Berita Terkait