Ini 8 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
Ini 8 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh
Ini 8 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh (internet)

digtara.com – Daun bawang merupakan salah satu jenis sayuran yang paling populer di Indonesia karena sering dijadikan pelengkap untuk berbagai masakan. Dengan penambahan tersebut, masakan menjadi lebih nikmat dan kaya rasa. 8 Manfaat Daun Bawang

Di balik manfaatnya tersebut, daun bawang ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena daun bawang memiliki kombinasi unik antara flavonoid dan nutrisi yang mengandung belerang.

Selain itu, daun bawang juga kaya akan serat, asam folat, kalsium, kalium serta vitamin C.

Muat Lebih

Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mulai rutin mengkonsumsi daun bawang dan menambahkannya ke dalam menu sehari-hari untuk merasakan khasiatnya.

Agar kalian lebih bersemangat dalam mengkonsumsinya, sebaiknya simak dulu beragam manfaatnya berikut ini.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat daun bawang yang pertama adalah untuk mengurangi risiko terkena kanker. Sayuran ini mengandung senyawa kaempferol yang dapat mengurangi peradangan, menangkal sel-sel kanker serta mencegah penyebaran sel jahat di dalam tubuh.

Selain itu, daun bawang juga dikenal sebagai sumber allicin dan mengandung senyawa belerang yang berperan sebagai anti kanker. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi daun bawang secara teratur, dapat menurunkan risiko kanker lambung hingga 46 persen.

2. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Bagi kalian yang ingin menjaga kesehatan jantung, sebaiknya mulai biasakan mengkonsumsi daun bawang. Sayuran ini mengandung kaempferol yang memiliki sifat anti inflamasi yang sering dikaitkan dengan risiko serangan jantung atau kematian yang lebih rendah karena penyakit tersebut.

Selain itu, daun bawang juga juga mengandung allicin dan tiosulfinat yang berperan sebagai senyawa sulfur. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena dapat mengurangi kolesterol, tekanan darah dan pembentukan gumpalan darah. Bahkan, senyawa sulfur dari daun bawang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar gula darah.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di tengah pandemi seperti saat ini, penting untuk menjaga imunitas tubuh agar kita lebih kebal dari virus Corona. Untuk mewujudkan hal itu, kalian bisa mulai mengkonsumsi daun bawang setiap hari. Pasalnya sayuran satu ini mengandung quercetin dan kemferfol yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai virus, kuman maupun bakteri penyakit.

Tak hanya untuk memperkuat sistem imun, kandungan tersebut juga dapat menghangatkan tubuh dan mengobati pegal linu yang disebabkan oleh cuaca dingin. Wah, cocok banget kan dikonsumsi saat musim hujan seperti ini!

4. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat berikutnya dari daun bawang adalah untuk menjaga kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Seperti yang diketahui, vitamin A dapat membantu penglihatan agar tetap tajam dan sehat. Vitamin ini juga dapat mendukung pertumbuhan sel darah merah baru yang mengangkut oksigen serta sel darah putih yang dapat melawan infeksi.

Tak hanya itu, sebab daun bawang juga dikenal sebagai sumber lutein dan zeaxanthin yang memiliki kontribusi besar pada penglihatan. Cara kerjanya adalah dengan melindungi jaringan mata dari kerusakan oksidatif. Bahkan, American Optometric Association melaporkan bahwa dua senyawa tersebut dapat melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

5. Mencegah Anemia

Daun bawang juga dikenal sebagai sumber zat besi. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, meningkatkan produksi hemoglobin serta memperkuat sel-sel jaringan di dalam tubuh. Selain itu, daun bawang juga kaya akan vitamin C yang dapat menyerap zat besi dengan lebih baik.

Dengan sejumlah nutrisi tersebut, daun bawang dapat mencegah penyakit anemia atau kekurangan darah. Hal ini tentu sangat bermanfaat, karena anemia dapat membuat seseorang mudah lelah, pusing dan terhambat dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat daun bawang berikutnya adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena daun bawang merupakan sumber serat larut dan mengandung prebiotik yang dapat menjaga usus tetap sehat. Prebiotik juga dapat menghasilkan asam lemak rantai pendek yang mampu mengurangi peradangan serta meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, daun bawang yang berserat secara otomatis akan membuat tubuh mencerna makanan dengan lambat. Dengan demikian, makan daun bawang dapat mencegah kita makan berlebihan dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

7. Memperkuat Tulang

Daun bawang memiliki sejumlah nutrisi baik yang dapat menjaga kesehatan tulang, seperti vitamin K, kalsium serta magnesium. Berbagai kandungan tersebut bisa membuat tulang tetap kuat dan sehat, mencegah rematik serta mengurangi risiko osteoporosis. Karena itulah sebaiknya mulai tambahkan daun bawang ke dalam menu sehari-hari untuk menjaga kesehatan tulang seluruh anggota keluarga.

8. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Manfaat berikutnya dari daun bawang adalah untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Senyawa belerang yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan produksi insulin, yang secara tidak langsung dapat mencegah diabetes.

Selain itu, daun bawang juga mengandung allium dan alil disulfida yang memiliki sifat anti diabetes. Kedua zat ini dapat mencegah degradasi insulin dalam tubuh sekaligus meningkatkan metabolisme glukosa.

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Ini 8 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan