AS Janji Sumbang 4 Juta Dosis Vaksin Moderna untuk Indonesia

Sabtu, 03 Juli 2021 13:31

digtara.com – Amerika Serikat bakal menyumbangkan 4 juta dosis vaksin Moderna untuk mengatasi lonjakan Covid-19 di Indonesia. Rencana itu sudah disampaikan Penasihat Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan saat berkomunikasi dengan Menlu Retno Marsudi, Sabtu (3/7/2021).

“Mr. Sullivan mengatakan AS akan mendonasikan 4 juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia dan vaksin tersebut akan dikirim melalui COVAX secepat mungkin,” kata Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Emily Horne dalam keterangannya.

Selain itu, Jake Sullivan dan Retno juga membahas rencana AS untuk meningkatkan bantuan penanganan kasus COVID-19 di Indonesia.

“Mr. Sullivan menyoroti pentingnya pemerintahan Biden-Harris di Indonesia, Asia Tenggara, dan mengakhiri pandemi secara lebih luas dan menjanjikan dukungan berkelanjutan dan keterlibatan tingkat tinggi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan Indonesia akan mendapatkan bantuan vaksin Moderna dari AS. Ia berharap dengan bantuan vaksin dari AS, akan semakin banyak dosis vaksin yang didapatkan untuk mempercepat target vaksinasi Indonesia.

“Kalau dapat mungkin akan ada 10 juta [dosis vaksin] dari Australia dan dari Amerika 4 juta dosis Moderna. Jadi semakin banyak dosis vaksin yang akan kita dapatkan. Kalau lebih banyak lagi, maka terima kasihnya lebih banyak,” kata Budi dalam jumpa pers virtual, Kamis (1/7). (kumparan)

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.