Orang Bijaksana Punya 4 Ciri Ini Dalam Dirinya

Selasa, 04 Januari 2022 11:01

digtara.com – Menjadi orang bijak atau bijaksana merupakan salah satu cita-cita ideal seseorang. Untuk itu, kita mesti mengenali ciri-cirinya.

Orang bijaksana memiliki banyak hal positif. Misalnya saja, dalam kehidupan ia dapat lebih bahagia karena mampu menyikapi berbagai masalah dengan tepat.

Dalam karier, ia pun jadi sosok yang kerap dijadikan pemimpin mengingat sikap dan perangainya yang bisa jadi teladan bagi orang-orang sekitarnya.

Nah, apakah kamu termasuk orang yang bijaksana?

Cari tahu jawabannya lewat ciri-ciri berikut ini, yuk!

1. Berpikir dahulu sebelum bertindak

Hal pertama yang menandakan kalau kamu orang yang bijaksana, yakni melakukan sesuatu enggak sembarangan, tapi dipikirkan dulu sebelumnya. Sikap seperti ini membuatmu jarang banget melakukan hal yang kemudian menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Karena sejak awal sudah dipertimbangkan dengan matang.

Meski begitu, bukan berarti kamu enggak bisa mengambil keputusan yang cepat, lho. Karena berpikir sebelum bertindak enggak berarti overthinking alias kebanyakan mikir.

2. Bersedia mendengarkan pendapat dari berbagai sisi

Ciri lain dari orang yang bijaksana, adalah punya pemikiran terbuka. Kamu malah senang bisa mendapatkan opini dari berbagai sisi. Hal itu bisa membantu untuk memandang masalah lebih menyeluruh, sehingga keputusan yang dihasilkan nanti pun lebih tepat.

Enggak hanya dalam pengambilan keputusan, tapi sikap terbukamu ini juga dipraktikkan sehari-hari. Kamu menyikapi perbedaan dengan cara yang wajar, artinya enggak menjadikan perbedaan itu sebagai hal untuk diperdebatkan. Hal inilah yang bikin orang jadi nyaman bergaul denganmu.

Laman: 1 2

Berita Terkait