Siaga Cuaca Ekstrem, 13 Daerah di Sumut Masuk Wilayah Risiko Tinggi Bencana 

Senin, 13 September 2021 10:50
foto:istimewa
Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Landasan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Senin (13/9/2021).

digtara.com – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta warga dan pemerintah daerah siaga cuaca ekstrem. Terutama di 13 daerah dari 33 daerah kabupaten/kota di Sumut yang masuk dalam wilayah risiko tinggi bencana. Sementara, 20 daerah lainnya berada di posisi sedang.

“Sebanyak 13 kabupaten/kota di Sumatera Utara memiliki kelas risiko tinggi dan 20 kabupaten/kota lainnya memiliki kelas risiko sedang,” ungkap Gubsu saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Landasan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Senin (13/9/2021).

Edy tak menjelaskan daerah mana saja yang dimaksudnya berisiko tinggi mengalami bencana. Namun kawasan itu rawan karena kondisi geografis yang menyebabkan mudah terkena banjir dan longsor. Terutama daerah pegunungan dan pesisir seperti yang kerap diperingatkan oleh BMKG.

“Kita ketahui bersama daerah di Utara di Sumatera Utara, daerah yang terpotong-potong, daerah yang mudah terjadi longsor, daerah-daerah yang mudah terjadi banjir bandang,” ujarnya.

Dia mengatakan risiko bencana semakin tinggi saat cuaca ekstrem melanda Sumut. Untuk itu, Edy meminta semua pihak untuk siaga.

Laman: 1 2

Berita Terkait