Viral Video Bocah Pingsan Usai Divaksin di Sumut, Dinkes Beri Klarifikasi

Senin, 17 Januari 2022 10:00
ilustrasi vaksinasi anak. (foto:kompas)

digtara.com – Sebuah video seorang anak digendong polisi dalam keadaan pingsan di Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), beredar di media sosial. Bocah tersebut pingsan setelah disuntik vaksin.

Dalam video terlihat polisi menggendong bocah itu dari pinggir jalan ke pendopo. Bocah itu kemudian dibaringkan di atas meja.

Setelah anak itu dibaringkan, terlihat kancing baju dibuka. Ada dokter yang langsung memeriksa kondisi anak itu.

“Baru divaksin?” kata perekam video

“Baru,” jawab seorang wanita yang berada di sekitar anak itu melansir detikcom.

Menurut informasi, peristiwa itu terjadi di Lapangan Haji Adam Malik, Pematangsiantar, pada Kamis (13/1). Anak yang pingsan setelah divaksin itu adalah siswa tingkat sekolah dasar.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Pematangsiantar Erika Silitonga saat dimintai konfirmasi mengatakan anak itu lemas saat hendak menaiki kendaraan orang tuanya. Anak itu pingsan saat hendak pulang setelah divaksin.

“Tidak ada anak yang kejang setelah divaksin. Anak tersebut lemas sewaktu mau pulang naik ke kendaraan orang tuanya,” kata Erika saat dimintai konfirmasi.

Erika mengatakan pihaknya sudah melakukan screening terhadap anak itu sebelum disuntik vaksin. Hasil screening menunjukkan anak itu sehat untuk bisa divaksin.

“Tim vaksinator sudah melakukan screening terhadap anak dengan didampingi oleh ibu anak tersebut dan dinyatakan lulus screening,” jelasnya.

Berita Terkait