Kemenangan Orient-Thobias Uly Dibatalkan, MK Perintahkan Pilkada Sabu Raijua Diulang

  • Whatsapp
Kemenangan Orient-Thobias Uly Dibatalkan, MK Perintahkan Pilkada Sabu Raijua Diulang
Orient Patriot Riwu Kore (internet)

digtara.com – Polemik kewarganegaraan bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Orient Patriot Riwu Kore segera berakhir. Pilkada Sabu Raijua Diulang

Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan kemenangan pasangan Orient Riwu Kore-Thobias Uly sebagai bupati dan wakil bupati di Pilkada Sabu Raijua tahun 2020.

Keputusan pembatalan itu dibacakan oleh Hakim MK Saldi Isra dalam sidang Pengucapan Putusan pilkada Sabu Raijua yang digelar di MK, Kamis (15/4/2021).

Muat Lebih

MK menyatakan batal putusan KPU Kabupaten Sabu Raijua nomor 342/HK.03.01.KPT/5320/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 tanggal 16 Desember 2020.

“Menyatakan diskualifikasi pasangan calon nomor urut 2 (Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly) dari kepesertaan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020,” demikian salah satu point keputusan MK.

Baca: KPU Sabu Raijua Digugat, Pemerintah Diminta Cabut Kewarganegaraan Orient

Sesuai bukti-bukti yang disampaikan oleh MK, di antaranya Orient Riwu Kore adalah warga negara Amerika Serikat yang dibuktikan dengan kepemilikan paspor Amerika sejak 2007-2017 dan diperpanjang dari 2017-2027.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan