Pasca Hujan Abu Vulkanik, Petugas Gabungan Bersihkan Rumah Warga

  • Whatsapp
Pasca Hujan Abu Vulkanik, Petugas Gabungan Bersihkan Rumah Warga
Pasca erupsi Gunung Sinabung sejauh 5.000 meter membuat beberapa desa terkena dampak hujan abu vulkanik, kini sudah mulai dilakukan pembersihan, Rabu (3/3/2021). (BPBD Karo)

digtara.com – Pasca erupsi Gunung Sinabung sejauh 5.000 meter membuat beberapa desa terkena dampak hujan abu vulkanik, kini sudah mulai dilakukan pembersihan, Rabu (3/3/2021). Pasca Hujan Abu Vulkanik, Petugas Gabungan Bersihkan Rumah Warga

Kalaksa BPBD Karo, Natanail Perangin-angin mengatakan petugas gabungan dari TNI-Polri, pemadam kebakaran, BPBD Karo dan Muspika mulai melakukan pembersihan kepada desa yang terkena dampak dari abu vulkanik.

“Kami dari tadi malam sampai pagi ini mulai melakukan pembersihan kepada desa-desa yang terkena dampak dari abu vulkanik,” ujarnya kepada digtara.com melalui sambungan telepon.

Muat Lebih

Dikatakannya, pembersihan yang dilakukan petugas terbantu akibat hujan yang mengguyur kawasan tersebut sejak semalam.

Selain itu, erupsi yang sempat terjadi pagi tadi tidak sampai ke pemukiman warga, karena tinggi kolom cukup rendah.

“Ya semalam kebetulan hujan di beberapa desa, sehingga kami terbantu akibat hujan tersebut. Selanjutnya kami akan melakukan pembersihan terhadap desa-desa yang tidak terkena hujan,” ucapnya.

Dampak dari abu vulkanik itu membuat 4 Kecamatan diantaranya 50 desa di Kabupaten Karo terkena dampak dari erupsi Gunung Sinabung tersebut.

“Ada 4 kecamatan yang sudah kita lakukan pembersihan yakni Kecamatan Tiganderket, Kecamatan Kutabuluh, Kecamatan Tiga Binanga, Kecamatan Laubaleng. Untuk desanya, kami hitung ada sekitar 50 desa lah,” katanya.

Ia menghimbau agar masyarakat tidak masuk ke zona merah Sinabung. Warga terdampak abu vulkanik dihimbau mengurangi aktifitas di luar dan tetap memakai masker.

[ya]  Pasca Hujan Abu Vulkanik, Petugas Gabungan Bersihkan Rumah Warga

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan