Pasca Ricuh Pilkades di Dairi, 9 Orang Ditetapkan Jadi Tersangka

Jumat, 26 November 2021 21:44
ist
Pasca Ricuh Pilkades di Dairi, 9 Orang Ditetapkan Jadi Tersangka

digtara.com – Pasca kericuhan dalam Pilkades 2021 di Desa Bertungen Julu, Kecamatan Tiga Lingga, Kabupaten Dairi, polisi menetapkan 9 orang sebagai tersangka. Mereka ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kerusuhan dan pencurian dengan kekerasan serta pengrusakan kotak suara Pilkades

Adapun ke 9 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka berinisial IP, JWG, DHS, FS, KG, RDS, TJT, ATA, dan SB.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi yang didampingi Wadir Reskrimum Polda Sumut, AKBP Alamsyah, mengatakan, awalnya pihaknya mengamankan 12 orang.

Mereka diduga melakukan kerusuhan dan pencurian kota suara saat berlangsungnya Pilkades di Desa Bertungen Julu, Kamis (25/11/2021) kemarin.

Baca: Pilkades di Dairi Ricuh, Kotak Suara Dirusak Pendukung yang Kalah

“Dari hasil pemeriksaan penyidik menetapkan 9 tersangka dari 12 orang yang diamankan, saat ini Cakades no 2 pun sedang kita minta keterangan,” ucapnya kepada wartawan, Jumat (26/11/2021).

Hadi menambahkan, sembilan orang yang ditetapkan tersangka terbukti melakukan aksi pencurian kotak suara serta memukuli anggota polisi saat melaksanakan tugas pengamanan.

Baca: Kapolda Sumut di Dairi, Pastikan Pilkades Kondusif dan Gencarkan Vaksinasi

“Kesembilan orang yang kita tetapkan tersangka memiliki peran yang berbeda diantaranya 9 orang merampas dan merusak kotak suara, 2 orang yang merobek surat suara dimana 1 orang lagi masih dalam pencarian serta 1 orang yang memprovokasi massa,” ucapnya lagi

Lebih lanjut, Hadi menerangkan petugas turut menyita barang bukti berupa satu kotak suara dan surat suara yang telah dirusak para pelaku kerusuhan.

Laman: 1 2

Berita Terkait