Kesulitan Dapat Pendonor, Stok Darah PMI Medan Menipis

  • Whatsapp
Kesulitan Dapat Pendonor, Stok Darah PMI Medan Menipis
Ilustrasi: Donor Darah (Internet)

digtara.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan kesulitan mendapatkan pendonor darah sukarela di tengah Pandemi Covid-19. Akibatnya kini stok darah mereka menipis.

Kepala Seksi Pelayanan Media Dan P2D2S PMI Medan, Dokter Eka Syafrida Ritonga, mengatakan saat ini stok darah di PMI Medan hanya di kisaran 100 kantong.

Penurunan stok darah, kata Eka, sudah terjadi sejak bulan April lalu. Seiring dengan maraknya pertambahan kasus Covid-19 di tanah air.

Muat Lebih

Eka mengungkapkan, sebelunya PMI mendapatkan stok darah dari pendonor yang berasal dari sejumlah kelompok masyarakat dan instansi yang rutin menggelar donor darah. Namun sejak Pandemi Covid-19, kegiatan donor darah praktis berhenti, sehingga mereka kehilangan sumber pasokan.

BACA JUGA: Sambut HUT ke-74 Bhayangkara, Kapolda Sumut Ikut Aksi Donor Darah

“Padahal dulu rutin ada komunitas dari vihara, gereja, pengajian, termasuk TNI/Polri dan instansi-instansi lain, rutin menggelar donor darah setiap 2 bulan. Di mana dari setiap event-event itu kita bisa mendapat hingga 2 ribu kantong darah,” tukasnya.

Saat ini, kata Eka, untuk memenuhi kebutuhan darah, PMI Medan terpaksa meminta warga yang membutuhkan darah, untuk mencari donor pengganti. Selain itu mereka juga mengintensifkan kegiatan menjemput darah ke rumah warga.

BACA JUGA: Stok Darah di PMI Medan Terancam, 300 Personel Polda Sumut Donorkan Darah

“Jadi kita jemput bola. Kalau dulu kan nunggu 30-50 orang pendonor kita baru turunkan perlatan dan petugas. Sekarang, ada 5 orang saja di satu tempat, asal mereka buat janji dan di hari kerja, kita datangi. Kita bawa bus mini kita,” terangnya.

PMI, lanjut Eka, menjamin setiap darah yang disalurkan ke masyarakat telah bebas dari penyakit. Termasuk dari Covid-19. Itu karena setiap darah yang disalurkan telah melewati serangkaian pengujian.

“Di tengah Pandemi Covid-19 ini juga, proses donor darah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tandasnya.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TV. Jangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan