Kasus Santri Tewas, LPA Deli Serdang Siap Dampingi Keluarga Korban dan Buka Posko

Kamis, 10 Juni 2021 11:46
istimewa
Ketua LPA Deli Serdang, Junaidi Malik.

digtara.com – Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Deli Serdang siap mendampingi keluarga korban dalam menyelesaikan kasus kekerasan terhadap seorang Santri di Pesantren Darul Arafah Raya yang terjadi beberapa waktu lalu. Kasus Santri Tewas, LPA Deli Serdang Siap Dampingi Keluarga Korban dan Buka Posko

Ketua LPA Deli Serdang, Junaidi Malik mengatakan kasus kekerasan terhadap santri di Ponpes Darul Arafah Raya ini bukan kali pertama terjadi.

Menurutnya, banyak sekali laporan orang tua anaknya mengalami kekerasan baik fisik, psikis, verbal dan diskriminasi yang tidak dilaporkan dan ditindaklanjuti karena diselesaikan secara internal.

Ia meminta pihak pesantren tidak mengeksploitasi santri untuk menjadi pengawas di kamar asrama atau di manapun.

Baca: Kasus Santri Tewas, Kemenag Deli Serdang dan Pesantren Darul Arafah Raya Harus Tanggung Jawab

“Mereka disana sedang menimba ilmu bukan untuk diberikan tugas sebagai pengawas atau petugas pendisiplinan,” sebutnya.

Hal ini, kata Junaidi, sangat mendesak, mengingat banyak kasus kekerasan terjadi di lingkungan Ponpes, mulai dari kekerasan fisik, psikis sampai kekerasan seksual dan kekerasan yang mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang.

Baca: LPA Deli Serdang: Kementerian PPPA Diminta Cabut Status Pesantren Ramah Anak Darul Arafah

LPA Deli Serdang juga akan membuka posko pengaduan masyarakat khususnya orang tua atau wali santri yang anaknya mengalami kekerasan di Ponpes Darul Arafah Raya.

“Silahkan masyarakat melaporkan jika ada anaknya yang tengah menempuh pendidikan di Ponpes Darul Arafah, kami akan berikan pendampingan baik secara psikologis dan hukum. Ini adalah wujud partisipasi kami dan upaya untuk memutus mata rantai kekerasan di Ponpes Darul Arafah Raya,” tandasnya.

[ya]  Kasus Santri Tewas, LPA Deli Serdang Siap Dampingi Keluarga Korban dan Buka Posko

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

Berita Terkait