Ilmuwan AS Sukses Cangkok Jantung Babi ke Manusia, Begini Tanggapan BRIN

Kamis, 13 Januari 2022 23:15
int
Ilmuwan AS Sukses Cangkok Jantung Babi ke Manusia, Begini Tanggapan BRIN

digtara.com – Ilmuwan di Amerika Serikat (AS) menyatakan sukses melakukan operasi cangkok atau transplantasi jantung babi ke manusia pada awal Januari 2022 ini.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menanggapi kesuksesan transpantasi tersebut masih memerlukan kajian dari sisi etik dan agama jika cangkok jantung tersebut ingin diterapkan.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengemukakan perlunya pengkajian dari sisi etik hingga kearifan lokal mengenai transplantasi jantung babi ke manusia.

Baca: Operasi Transplantasi Berhasil, Pria Ini Hidup dengan Jantung Babi

“Sebagai riset tentu ini menarik. Tetapi dari sisi etik dan kearifan lokal ini perlu dikaji,” kata Handoko di Jakarta, Kamis (13/1/2022), melansir suara.com –jaringan digtara.com.

Handoko menuturkan bahwa pencangkokan organ hewan ke manusia atau xenotransplantasi merupakan hal yang menarik untuk dieksplorasi dari sisi riset.

Namun, menurut dia, ada banyak faktor termasuk etika dan budaya yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan xenotransplantasi, prosedur yang antara lain melibatkan transplantasi, implantasi, atau pemasukan sel hidup, jaringan, atau organ hewan ke manusia.

Baca: Beragama Islam Tapi Makan Babi Panggang, Chef Renatta Diributin Warganet

Xenotransplantasi kini berkembang karena faktanya ratusan bahkan jutaan orang di dunia saat ini mengantre untuk memperoleh organ dari donor. Organ ini mulai dari jantung, ginjal, hati dan banyak lagi.

Gagasan untuk memanen organ dari binatang, termasuk babi, dinilai lebih aman dari sisi medis dan konservervasi, serta lebih ekonomis. Para ilmuwan mengatakan organ babi dan manusia, ukurannya mirip. Selain itu, secara genetika organ babi lebih mudah dicangkok ke manusia ketimbang binatang lain.

Selain itu, babi bukan termasuk binantang yang terancam punah, berbeda dari binatang lain seperti simpanse atau orang utan. Dari sisi ekonomis, babi sangat mudah dan murah diternakkan.

Laman: 1 2

Berita Terkait