Minggu, 16 Juni 2024

Dijadikan Hukuman, Ini Manfaat Push Up Bagi Tubuh

- Rabu, 06 Mei 2020 11:00 WIB
Dijadikan Hukuman, Ini Manfaat Push Up Bagi Tubuh

digtara.com – Pemerintah Kota Medan memberikan hukuman push up kepada sebagian warganya yang berkegiatan di luar rumah tanpa menggunakan masker. Hukuman ini diberikan sebagai konsekuensi dari penerbitan ketentuan Wajib Masker seperti yang tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) tentang Karantina Kesehatan dalam Percepatan Penanganan Virus Korona (Covid-19) di Medan.

Baca Juga:

Sebagian bagian dari kegiatan fisik yang tergolong berat, push up sebenarnya tak hanya menjadi hukuman. Push up justru memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Berikut manfaat push up bagi tubuh seperti dilansir digtara dari keepinspiring.me:

 

MELATIH BANYAK OTOT

Manfaat push up yang pertama yaitu dapat melatih banyak otot, terutama otot tubuh bagian atas.
Ketika melakukan push up, sekelompok otot seperti otot bisep, trisep, dan deltoid secara otomatis akan aktif untuk menopang tubuh Anda. Hal ini berguna karena akan menstabilkan gerakan Anda ketika melakukan push up.

 

Dijadikan Hukuman, Ini Manfaat Push Up Bagi Tubuh
Push dapat melatih banyak otot dalam tubuh (internet)

 

PEREGANGAN YANG MENYEHATKAN

Manfaat push up yang kedua adalah gerakan peregangannya yang baik untuk kesehatan. Ketika Anda menurunkan tubuh, otot-otot pada bagian punggung akan diregangkan secara efektif. Dan ketika Anda kembali ke posisi semula, bisep Anda akan mendapatkan efek peregangan secara penuh. Dengan efek yang diberikan, akan membantu meningkatkan kelenturan tubuh dan juga membantu mencegah cedera.

MENINGKATKAN SISTEM KARDIOVASKULAR

Manfaat push up yang ketiga adalah dapat meningkatkan sistem kardiovaskular dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, latihan push up menggabungkan beberapa kinerja otot. Ketika melakukan push up, banyak otot yang terlibat untuk mendukung gerakannya. Dengan begitu, jantung juga harus bekerja lebih untuk mengirimkan darah yang kaya akan oksigen ke jaringan otot. Aktivitas seperti ini akan menghasilkan latihan kardiovaskular yang efektif. Selain itu, dampak positif lain yang didapat dari gerakan ini adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan juga mengurangi lemak.

 

Dijadikan Hukuman, Ini Manfaat Push Up Bagi Tubuh

 

MENINGKATKAN PERTUMBUHAN OTOT

Manfaat push up yang keempat yaitu dapat meningkatkan pertumbuhan otot. Ketika Anda melakukan gerakan push up, banyak bagian otot-otot tubuh yang terlibat untuk menstabilkan gerakan Anda. Semakin banyak massa otot yang digunakan dalam latihan, akan semakin besar produksi dan pelepasan hormon khusus yang dikenal dengan HGH (hormone pertumbuhan manusia). Bagi orang yang masih muda, tubuh akan memompa hormon khusus ini dalam jumlah yang besar untuk mendukung pertumbuhan di seluruh tubuh. Namun, seiring bertambahnya usia, pelepasan hormon ini akan menurun secara alami. Sehingga, pembentukan otot akan menjadi lebih sulit. Dengan gerakan push up yang menggunakan banyak otot, akan memicu produksi HGH, yang akhirnya menghasilkan pertumbuhan otot.

 

MENCEGAH CEDERA BAHU

Manfaat push up yang kelima adalah dapat mencegah cedera bahu. Salah satu cedera yang paling umum bagi orang tua adalah cedera rotator cuff. Rotator cuff adalah jaringan yang terletak pada bagian bahu. Salah satu cara paling efektif untuk melindungi bahu Anda dari cedera adalah dengan melakukan push up. Hal ini karena pada gerakan push up, banyak otot-otot yang ikut bekerja untuk menstabilkan gerakan, terutama pada bagian bahu. Dengan begitu, dapat membantu memperkuat area tubuh tersebut.

MENINGKATKAN POSTUR

Manfaat push up yang keenam adalah dapat meningkatkan postur tubuh. Jangan sepelekan postur Anda jika masih belum benar. Postur yang tidak tepat dapat berdampak pada kesehatan Anda seiring bertambahnya usia. Salah satu penyebab umum dari kurangnya postur yang tepat adalah lemahnya otot. Ketika melakukan push up dengan benar, otot-otot yang digunakan untuk mendukung postur tubuh Anda akan menjadi lebih kuat. Dan jika dapat melakukan push up secara teratur, tubuh Anda akan secara alami condong ke arah postur yang tepat.

 

MENCEGAH CEDERA PUNGGUNG

Manfaat push up yang ketujuh adalah dapat mencegah cedera pada bagian punggung. Seperti yang kita tahu, jika punggung kita adalah bagian penting dari tubuh untuk mendukung semua gerakan. Jika bagian tersebut terluka, tugas yang paling sederhana pun akan menjadi sulit. Dengan gerakan push up, akan mengaktifkan banyak otot, terutama pada bagian punggung. Sehingga, dengan melakukan push up, akan membantu memperkuat bagian tubuh tersebut.

Dijadikan Hukuman, Ini Manfaat Push Up Bagi Tubuh

HEMAT WAKTU

Manfaat push up yang kedelapan adalah Anda bisa memperkuat tubuh Anda meskipun tidak memiliki banyak waktu. Banyak orang yang mengabaikan olahraga dengan alasan tidak memiliki waktu untuk melakukannya.
Dengan push up, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Push up juga tidak memerlukan tempat khusus, sehingga Anda bisa melakukannya di mana saja. Dengan gerakan push up, akan memperkuat tubuh Anda secara menyeluruh. Anda juga bisa mempelajari berbagai posisi push up untuk menargetkan otot mana yang ingin diperkuat.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari latihan push up. Namun, tetap sesuaikan porsinya dengan kemampuan tubuh. Jangan memaksakan diri untuk melakukannya, karena dapat berakibat cedera.

[AS]

 

https://www.youtube.com/watch?v=exfp04FlZVg

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TV.
Jangan lupa, like comment and Subscribe.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Tabrak Dump Truk, Mahasiswa Undana Kupang Meninggal di Tempat

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Daftar Harga Emas Pegadaian Rabu 20 September 2023, Antam dan UBS

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Kasat Lantas Polres Sikka Dilaporkan ke Propam, Ini Kasusnya

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Mengenaskan! Jadi Korban Tabrak Lari, Mahasiswi di Kupang Meninggal Dunia

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Dua Pelaku Pencurian dengan Kekerasan Diamankan Polres Sumba Timur

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Kejati NTT Tahan Lima Tersangka Kasus Korupsi Persemaian Modern di Labuan Bajo

Komentar
Berita Terbaru