Monumen AH Nasution Akan Dibangun Di Mandailing Natal

Muhammad Agussalim
(seminar nasional Nilai-nilai perjuangan Abdul Haris Nasution di gedung serba guna Aek Godang Desa Parbangunan. Mandailing Natal ( Foto : Muhammad Agussalim / digtara ))

MANDAILING NATAL – Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Keluarga Nasution (Ikanas) Sumatera Utara dan Pemkab Mandailing Natal akan membangun monumen untuk mengenang jasa alm Jenderal TNI Abdul Haris Nasution. Sebagai langkah awal, Ikanas bahkan telah menggelar seminar nasional membahas tentang nilai-nilai perjuangan perwira tinggi TNI yang lahir di Kotanopan, Mandailing Natal tersebut.

Diskusi ini diisi pemateri seperti pakar sejarah dari Universitas Negeri Medan (UNIMED) Dr. Phil. Ichwan Azhari, Askolani Nasution dan Ustadz Abdul Muhadir Ritonga dan dihadiri oleh Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution di Gedung Serbaguna, Aek Godang, Mandailing Natal.

“Para generasi muda untuk senantiasa mencontoh perjuangan Jenderal Abdul Haris Nasution baik didalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat dan tentunya dengan menanamkan nilai-nilai agama,” kata Dahlan Hasan Nasution.

Muat Lebih

Dalam kesempatan tersebut, Dahlan meminta seluruh lapisan masyarakat untuk berperan serta dalam memberi pemahaman kepada generasi muda tentang pentingnya mengingat sejarah. Tidak hanya disampaikan melalui kurikulum sekolah, namun masyarakat juga dapat berperan serta pada bidang lain seperti pembangunan monumen.

“Jangan semuanya ditimpakan kepada sekolah dan guru-guru, ayo ambil porsi masing-masing untuk mencerdaskan generasi bangsa sehingga nantinya menjadi pintar serta bisa lebih menghargai adat dan mencintai budaya,” ujarnya.



Sementara itu, Ketua DPD IKANAS Sumut, Amarullah Nasution,SE.MBA, menyampaikan, peringatan Satu Abad Jenderal Besar Abdul Haris Nasution ini sebagi bentuk untuk mengenang  dan menghargai perjuangan Abdul Haris Nasution terhadap negara kesatuan Republik Indonesia yang selalu amanah dan Istiqomah dalam menentukan sikap.

Sementara itu, Ketua DPD IKANAS Sumut, Amarullah Nasution, menyampaikan, peringatan Satu Abad Jenderal Besar Abdul Haris Nasution ini menjadi momentum tepat untuk mengenang jasa-jasa Abdul Haris Nasution terhadap NKRI.

“Kita perlu mengenang sikap dan keteladanan beliau untuk dapat dicontoh oleh generasi muda,” sebutnya.

Pembangunan monumen Alm Jenderal (TNI) Abdul Haris Nasution rencananya akan ditempatkan di Komplek Perkantoran Paya Loting, Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal.

Penulis : Muhammad Agussalim

Editor : Priatna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan