Partisipasi Pemilih Pilkada Medan Naik, Legislator: Bukan Prestasi Terbesar KPU

Kamis, 17 Desember 2020 12:25
istimewa
Ketua Komisi 1 DPRD Medan, Rudiyanto Simangunsong.

digtara.com – Pilkada Medan telah usai dilaksanakan pekan lalu. Namun, persoalan pasca pemungutan suara masih mendapatkan sorotan dari masyarakat. Partisipasi Pemilih Pilkada Medan

Salah satu yang mendapatkan sorotan dari masyarakat adalah jumlah partisipasi pemilih yang masih dibawah 50 persen. Masyarakat menilai kinerja KPU Medan belum maksimal dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Terkait itu, Ketua Komisi I DPRD Medan, Rudiyanto Simangunsong angkat bicara. Ia menyebutkan, jika dibanding Pilkada sebelumnya, KPU Medan berhasil meningkatkan jumlah pemilih hingga 46 persen.

“Kalau dibandingkan dengan partisipasi di Pilkada 2015 yang cuma 24 persen, sekarang 46 persen, ya KPU berhasil meningkatkan partisipasi pemilih,” katanya kepada digtara.com, Kamis (17/12/2020).

Meskipun begitu, ia mengatakan hal itu bukanlah prestasi terbesar KPU. Sebab, dalam Pilkada 2020 ini, masih banyak warga yang ditemukannya tidak mendapatkan C Pemberitahuan KWK.

Baca: 8 dari 9 Kabupaten Selesai Pleno Pilkada dengan Aman, Kapolda Apresiasi Penyelenggara

“Apakah ini prestasi KPU yang terbesar, saya kita tidak, karena saya menemukan banyak warga yang tidak mendapatkan C pemberitahuan KWK. Bahkan saya pernah temukan warga bilang ke saya C pemberitahuan itu di Kepling, KPPS,” jelasnya.

Ia kemudian mengungkapkan jika dirinya dan keluarga tidak mendapatkan C Pemberitahuan KWK dari KPU Medan.

Laman: 1 2

Berita Terkait