KPU Medan Belum Terima Informasi Gugatan di Hari Terakhir, Tim AMAN: Sedang Kami Persiapkan

Jumat, 18 Desember 2020 19:50
Suasana saat rekapitulasi suara di tingkat kota, di Hotel Grand Santika (digtara.com/goklas wisely).

digtara.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan sampai saat ini masih menunggu informasi dari Mahkamah Konstitusi (MK) serta KPU RI terkait ada atau tidaknya gugatan atas hasil rekapitulasi suara di Pilkada Medan 2020. KPU Medan Belum Terima

Hal itu disampaikan oleh Divisi Hukum KPU Medan, Zefrizal melalui saluran telepon kepada digtara.com, Jumat (18/12/2020).

“Berdasarkan peraturan MK No 6 tahun 2020 tentang tata beracara sengketa hasil gugatan itu wajib disampaikan tiga hari sejak hasil rekapitulasi suara diumumkan,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, terkait hasil rekapitulasi suara pilkada Kota Medan di tingkat kota sudah diumumkan 15 Desember 2020 silam. Maka dari itu saat ini adalah hari terakhir untuk pengajuan sengketa ke MK.

“Ya sampai saat ini belum ada pemberitahuan yang melakukan gugatan ke MK. Kita sudah cek di website MK terkait akta pengajuan permohonan perkara hasil pemilihan belum ada,” ungkapnya.

Baca: Bawaslu: Dugaan Politik Uang Pilkada Serentak, Ada 104 Daerah Diselidiki

Lebih lanjut Zefrizal menjelaskan jikalau tidak ada yang mengajukan sengketa maka MK akan memberikan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) resmi kepada KPU RI baru kemudian meneruskannya ke KPU Medan.

“Kalau nanti dari BRPK yang disampaikan MK ke KPU RI tidak ada sengketa maka kita akan menetapkan Paslon paling lama 5 hari setelah itu,” pungkasnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait