Protes UKT, Puluhan Mahasiswa Datangi Kantor Rektorat USU

Jumat, 14 Agustus 2020 19:38
Puluhan mahasiswa USU dengan Satpam saling dorong ketika berunjuk rasa di depan Kantor Rektor, Jumat (14/8/2020) sore. (Digtara.com/Alfiansyah)

digtara.com РPuluhan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) berunjuk rasa di depan Kantor Rektorat mereka, Jumat (14/8/2020) sore. Protes UKT, Puluhan Mahasiswa Datangi Kantor Rektorat USU

Para pengunjuk rasa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa USU Menuntut itu mendatangi Kantor Rektorrat sejak siang. Dalam aksinya, mereka menuntut agar pemotongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) disamaratakan dengan golongan satu dan dua sesuai dengan Permendikbud nomor 25 dan nomor 10 tahun 2020 PP nomor 26 tahun 2015.

“Kami lebih cenderung mengkritisi regulasi yang dikeluarkan oleh USU, karena regulasi yang dikeluarkan oleh USU itu tidak sesuai dengan permendikbud nomor 25¬† mengenai pembebasan UKT itu kan golongan I dan II. Sementara di USU itukan golongan I dan II itu Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta,” kata Andreas, salah seorang pengunjuk rasa.

Menurutnya, semua mahasiswa USU terdampak pandemi Covid-19 dan berhak mendapatkan dana bantuan dari pemerintah. Namun, pihak kampus malah menerapkan syarat yang menurut mereka tidak masuk akal.

“Kitakan tahu pandemi ini bukan cuma golongan satu dan dua aja yang terjangkit tapi golongan satu sampai tujuh juga terjangkit. PP nomor 26 itu mengatur regulasi mandiri bahwasannya PTN berhak memungut iuran dari Mahasiswa mandiri tapi di poin berikutnya dengan syarat menyesuaikan kondisi finansial Mahasiswa,” ujarnya.

Protes Penyamarataan UKT, Puluhan Mahasiswa Datangi Kantor Rektorat USU

Laman: 1 2

Berita Terkait