Indonesia Belum Ditemukan Kasus Virus Corona

Sabtu, 29 Februari 2020 16:02
Proses evakuasi WNI yang terjebak wabah Novel Corona Virus di Wuhan (okezone)

digtara.com | JAKARTA – Wabah virus Corona semakin mengganas dibelahan dunia namun hingga saat ini masih belum ada kasus penularan virus corona COVID-19 di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Staf Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, Rian Hermana.

Dia menjelaskan, total kasus yang spesimennya dikirim ke laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan sebanyak 136, namun yang positif corona COVID-19 masih nol.

“Kasus dala pengawasan terkait corona COVID-19 tersebar di 44 rumah sakit di 22 provinsi, namun kasus dalam pemeriksaan masih nol,” kata Rian, dilansir dari Antara, Sabtu (29/2).

Diungkapkanya, Indonesia memiliki sistem deteksi dini penyakit saluran pernafasan, yaitu melalui surveilans sentinel Influenza Like Illnes, dan sistem Kewaspadaan Dini dan Respons. Sistem ini dapat digunakan untuk penyakit yang berpotensi kejadian luar biasa.

“Sistem ini juga merupakan upaya kewaspadaan di wilayah,” ujarnya.

Untuk mencegah corona COVID-19 masuk Indonesia, pemerintah sudah mengidentifikasi 19 daerah berisiko, yang memiliki akses langsung dari dan ke China, baik melalui darat, laut, dan udara.

Berita Terkait