Rp 2,7 Miliar Uang Nasabah Bank Sumut Raib Akibat Skimming, Polda Sumut Periksa Enam Saksi

Jumat, 15 Juli 2022 16:31
ATM Bank Sumut

digtara.com – Polda Sumatera Utara sudah memeriksa sebanyak enam saksi terkait raibnya uang nasabah Bank Sumut sebanyak 2,7 Miliar akibat skimming.

Hal itu disampaikan, Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Hadi Wahyudi, Jumat (15/07/2022).

“Sudah enam orang saksi yang kami periksa, terdiri dari tiga orang nasabah yang kehilangan uang dan tiga orang dari pihak Bank Sumut,” ucapnya kepada wartawan.

Hadi menambahkan, saat ini Polda Sumut masih melakukan penyelidikan terkait hilangnya uang nasabah yang dilakukan oleh diduga dua orang warga asing.

Terpisah, Dirkrimsus Polda Sumut, Kombes John Charles Nababan mengatakan, dari hasil analisis CCTV yang diberikan Bank Sumut diduga wajah pelaku yang mengambil uang nasabah itu warga Rusia dan Arab Saudi.

” Sejauh ini kasusnya masih dalam penyelidikan, begitu juga dugaan keterlibatan WNA dari Rusia dan Arab Saudi itu juga tengah dianalisis,” ucapnya.

Sebelumnya, Bank Sumut mengungkap uang puluhan nasabah senilai Rp2,7 miliar raib akibat skimmimg.

Aksi kejahatan skimming itu terungkap setelah melihat bukti rekaman kamera pengintai (CCTV) pada mesin ATM di salah satu supermarket di Kecamatan Medan Johor.

Kemungkinan besar pelaku skimming merupakan warga negara asing. Dari rekaman kamera pengawas terlihat pelaku berwajah Rusia dan Timur Tengah.

Dalam aksi itu, pelaku berhasil mencuri uang sebesar Rp2,7 miliar dari 83 nasabah Bank Sumut.

Berita Terkait