Bahaya! Tidur Dengan Lampu Menyala

Senin, 13 September 2021 14:44
int
Tidur dengan lampu menyala membahayakan

digtara.com – Sebagian orang memilih tidur dengan lampu mati, sementara yang lain menyala. Namun bagi yang tidur dengan lampu menyala hendaknya berpikir ulang. Pasalnya kondisi itu ternyata membahayakan kesehatan.

Melansir suara.com – jaringan digtara.com dari Bright Side, ada beberapa hal yang patut Anda ketahui terkait tidur dengan lampu menyala.

1. Dapat membahayakan kesehatan reproduksi
Sebuah studi menemukan bahwa paparan cahaya buatan di malam hari dapat meningkatkan risiko infertilitas. Percobaan dilakukan pada tikus betina. Tikus yang tidur dengan lampu menyala di malam hari cenderung tidak subur. Dipercaya juga bahwa ritme jam internal tubuh mempengaruhi proses reproduksi pada wanita.

Studi lain memantau perawat yang bekerja pada shift malam dan efek paparan cahaya malam hari, ternyata sebagian besar dari mereka mengeluh siklus menstruasi mereka terganggu.

2. Dapat menyebabkan masalah yang berhubungan dengan jantung

Melatonin tidak hanya menurunkan suhu tubuh, namun juga tekanan darah. Jika Anda terkena cahaya di malam hari, produksi melatonin Anda ditekan. Akibatnya, tekanan darah Anda meningkat. Fluktuasi yang teratur, pada gilirannya, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Laman: 1 2

Berita Terkait