Transpapua Diterjang Longsor, Enam Distrik di Tolikara Terisolir 

Minggu, 02 Juni 2019 12:32

digtara.com | TOLIKARA – Sebanyak enam distrik (kecamatan) di Kabupaten Tolikara, Papua, terisolir setelah ruas jalan Kondame yang menghubungkan keenam distrik itu dengan Kota Karubaga, putus diterjang longsoran tanah sejak Sabtu 1 Juni 2019 kemarin.

Ruas jalan terdampak longsor itu merupakan jalur utama Transpapua dan satu-satunya yang menghubungkan sejumlah wilayah di Pegunungan tengah Papua.

Keenam distrik yang terdampak diantaranya Distrik Lianogoma, Distrik Konda, Distrik Kaiga, Distrik Wunin, Distrik Numba dan Distrik Bokondoni.

Lonsor disebabkan adanya luapan sungai yang mengikis badan jalan akibat hujan deras yang melanda daerah tersebut dalam tiga) hari terakhir.

“Longsor terjadi pada siang hari sekitar pukul 13.30 WIT yang diakibatkan oleh curah hujan pada hari-hari lalu, yang mengakibatkan sungai yang berada dibawa jalan tersebut meluap dan mengikis sedikit demi sedikit jalan tersebut, sehingga akibatnya pada siang hari ini tanah tersebut Longsor,” jelas Kabag Ops Polres Tolikara, AKP Klemens Titirloloby, Minggu (2/6/2019).

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut namun ruas jalan tersebut terpaksa ditutup sementara demi keselamatan masyarakat sambil menunggu penanganan dan perbaikan oleh Pemerintah Daerah setempat.

“Kita harap segera ada perbaikan,”tukas Klemens.

[AS]

Berita Terkait