Libur Naturu, Jumlah Penumpang di Bandara Pinangsori Turun 20 Persen

Kamis, 03 Januari 2019 16:09
Jumlah penumpang melalui bandara FL Tobing, Pinangsori, Tapteng, turun 20 persen selama libur Natal dan Tahun Baru (akurat/ist)

digtara.com | TAPTENG – Jumlah penumpang yang menggunakan angkutan udara dari dan ke Bandara FL Tobing, di Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tegah, Sumatera Utara, pada musim libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Naturu) lalu, mengalami penurunan sekira 20 persen.

Hal itu dikatakan Kepala Bandara FL Tobing, Farel Taripar Lumban Tobing melalui KTU Bandara, Bill Akbar Tanjung kepada digtara, Kamis (3/1/2019).

Menurut Bill, jumlah penumpang yang menggunakan jasa kebandaraan di Bandara FL Tobing pada musim Naturu lalu mencapai 6.651 penumpang. Turun 20 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 8.480 penumpang.

“Catatan kita per 2 Januari 2019, jumlahnya 6.651 penumpang. Sementara 2 Januari 2018, mencapa 8.480 penumpang,”jelasnya.

Kepala Tatausaha Bandara FL Tobing, Bill Akbar Tanjung

Penurunan itu, dipengaruhi karena keberadaan Bandara Sisingamangaraja XII, di Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara yang kini telah berstatus sebagai bandara internasional. Dimana masyarakat kini lebih suka menggunakan jasa di bandara tersebut, karena lebih ekonomis akibat banyaknya pilihan maskapai penerbangan dengan harga tiket yang lebih murah.

“Artinya kita tidak bisa pungkiri bahwa yang Silangit itu mempengaruhi, Silangit kan murah. Natal dan tahun baru itu di Tapanuli Utara banyak yang pulang kampung makanya pilihannya Silangit, sebelumnya kan dari sini,”tukasnya.

“Sebenarnya, dari tahun ke tahun itu sama itu frekuensi jumlah penumpang Lebaran dan Natal-Tahun Baru. Tapi kali ini Lebaran dengan Natal tinggian Lebaran,” tambahnya

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang terjadi pada tahun sebelumnya pihak bandara bekerja sama dengan maskapai penerbangan menambah jam penerbangan, akan tetapi hal tersebut tidak dapat terpenuhi akibat frekuensi penumpang turun.

(Putma/AS)

Berita Terkait