Minat Baca Warga Sumut Meningkat Tiap Tahun

  • Whatsapp
(Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyerahkan hadiah pemenang lomba Perpustakaan Terbaik dan Pustakawan Teladan Sumatera Utara Tahun 2019. (ist))

digtara.com | MEDAN – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Utara, Ferlin H Nainggolan, mengklaim minat baca warga Sumatera Utara mengalami peningkatan setiap tahunnya. Itu terlihat dari kunjungan ke perpustakaan yang juga tersebut meningkat.

Hal tersebut dikatakan Ferlin saat menghadiri Lomba Perpustakaan Terbaik dan Pustakawan Teladan Sumut tahun 2019 di Hotel Soechi Jalan Cirebon, Kota Medan, Rabu (24/4/2019).

Ferlin memaparkan, berdasarkan data yang mereka punya, pada tahun 2015 lalu jumlah pengunjung perpustakaan di Sumut hanya 80 ribu orang. Di tahun 2016, naik menjadi 125 ribu orang. Peningkatan sangat signifikan juga terjadi di tahun 2017 yakni sebanyak 300 ribu orang.

Muat Lebih

“Minat baca kita setiap tahunnya meningkat, kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca berarti meningkat. Jadi, sekarang kita perlu terus meningkatkan kualitas dan kenyamanan perpustakaan. Perpustakaan juga perlu mengikuti perkembangan zaman,”sebut Ferlin.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang juga hadir dalam lomba tersebut berharap agar dilakukan kerja nyata untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

“Harapan saya tentunya minat baca di Sumatera Utara ini semakin meningkat, karena buku itu sumber pengetahuan. Dengan bukulah kita bisa meningkatkan kualitas diri. Untuk itu perlu bagi perpustakaan-perpustakaan kita mengikuti perkembangan zaman, perkembangan teknologi, agar tidak ditinggalkan orang. Tempatnya juga harus nyaman, ditambah dengan buku-buku yang menarik,”sebut Edy.

Edy mengatakan, dulu Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang maju, namun sekarang cenderung tertinggal.

“Berarti orang tua kita-kita dulu lebih baik dari kita. Kenapa, kebanyakan dari kita hanya lakukan kegiatan-kegiatan seremonial saja. Jadi, saya sangat berharap di sini tidak terjadi seperti itu,” katanya.

Untuk mendorong pertumbuhan minat baca sekaligus perbaikan perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Utara menggelar lomba Perpustakaan Terbaik dan Pustakawan Teladan Sumut tahun 2019.

Pada Lomba Perpustakaan Terbaik dan Pustakawan Teladan Sumut 2019 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumut itu terpilih sebagai juara pertama di tingkat SD adalah SD Swasta Widya Dharma, tingkat SLTP adalah SMP Negeri 7 Tanjung Balai, tingkat SMA/SMK/MAN adalah MAN Asahan, tingkat univesitas adalah Institui Teknolgi DEL dan tingkat taman bacaan terbaik diraih TBM Pena Labuhan Batu. Untuk tingkat Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota Terbaik di Sumut juara pertama diraih Dinas Perpustakaan Sibolga, tingkat kecamatan dimenangkan Perpustakaan Kecamatan Padang Hulu.

Pada tingkat perpustakaan khusus, juara pertama diraih RSUD Pringadi dan untuk tingkat rumah ibadah jatuh pada Masjid Al-Badar Medan. Sedangkan Pustakawan Teladan dimenangkan oleh Irsyad Hanif Hutagalung dari Perpustakaan Universitas Medan Area.

[REL/AS]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan