CPNS 2021, Cumlaude dan Disabilitas Diberikan Jalur Khusus

  • Whatsapp

digtara.com – Pemerintah memberikan jalur khusus bagi lulusan terbaik atau cumlaude dan disabilitas pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021.

Di tingkat pusat, formasi khusus bagi cumlaude minimal 10 persen, dan untuk disabilitas dua persen dari total formasi.

Lalu di tingkat daerah formasi khusus dibuka sesuai kebutuhan untuk cumlaude dan dua persen untuk disabilitas.

Muat Lebih

“Formasi khusus bagi cumlaude dikhususkan untuk lulusan strata 1.,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Tjahjo Kumolo dalam jumpa pers daring, Jumat (9/4/2021).

Tjahjo menerangkan, Pelamar merupakan lulusan terbaik perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri dengan akreditasi A atau unggul.

Sedangkan, bagi lulusan luar negeri, status lulusan terbaik harus setara dengan status cumlaude menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Calon pelamar dari lulusan perguruan tinggi luar negeri itu bisa mendaftar formasi khusus, termasuk kategori cumlaude, bila sudah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan.

Surat keterangan itu mesti menyatakan predikat kelulusannya setara dengan “dengan pujian” alias cumlaude dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sementara itu, formasi khusus atau unit kerja bagi disabilitas ditentukan oleh masing-masing lembaga yang membuka formasi atau lowongan dalam seleksi CPNS 2021. Pelamar juga wajib melampirkan surat keterangan dokter yang menjelaskan tingkat disabilitas pelamar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan