Wali Kota Medan Tegaskan Bangunan Eks Perisai Plaza Milik Pemko

Selasa, 05 April 2022 16:46
Wali Kota Medan Bobby Nasution. (foto:ilham)

digtara.com – Wali Kota Medan Bobby Nasution menegaskan bangunan eks Perisai Plaza milik pemerintah Kota Medan.

Hal tersebut dikatakan Bobby Nasution saat melakukan konfrensi pers di kantor Walikota Medan di Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan Petisah, Kota Medan pada Selasa (5/4/2022).

“Perisai Plaza itu adalah milik pemerintah Kota Medan. Saya tegaskan sekali lagi Perisai Plaza itu milik pemerintah Kota Medan, ” ujarnya.

Pihaknya mengambil alih areal tersebut karena pihak pengusaha dan Pemko Medan sudah tidak ada kerja sama lagi sejak 2018 lalu.

“Dulu pernah dikerja samakan melalui sistem BOT (build operate transfer) selama 30 tahun yang habis massanya pada tahun 2018 , bulan Februari. Sampai hari ini belum ada perpanjangan BOT, ” jelas Bobby.

Ia menjelaskan, kerjasama Pemko Medan dengan perusahaan itu sudah berjalan puluhan tahun, sebelum akhirnya bangkrut.

“Perusahaan yang memegang BOT mengalami kebangkrutan sehingga bangunan dilelang. Yang dilelang itu BOT nya masa kerja sama selama 30 tahun, bukan asetnya, ” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintahan Kota Medan menggelar penertiban aset yakni eks Perisai Plaza di Jalan Pemuda, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (2/3/2022).

“Hari ini kita mengamankan aset pemerintah Kota Medan APL No 3 yang di atasnya terdapat gedung eks parkir Perisai Plaza,” kata Asisten Pemerintahan Pemerintahan Kesejahteraan Kota Medan Muhammad Sofyan.

Dia mengatakan pengambil alihan aset tersebut telah berhasil dari pihak yang sebelumnya menguasai dan mengusahai.

Ke depan aset Kota Medan itu akan dibuat fasilitas pelayanan untuk masyarakat.

Areal tersebut bertuliskan, “Tanah dan bangunan ini milik Pemerintah Kota Medan. Luas tanah = 1.767 m2. Sertifikat hak pengelola No. 3. Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun.

Berita Terkait