Warga Hanopan Padangsidimpuan Pertanyakan Sanitasi Desa Senilai Rp 500 Juta

Jumat, 04 Juni 2021 20:19
istimewa

digtara.com – Kelurahan Hanopan Sibatu mendapat anggaran Sanitasi Perdesaan Padat Karya tahun 2021 senilai Rp 500 juta untuk 48 rumah tangga sasaran. Warga Hanopan Padangsidimpuan Pertanyakan Sanitasi Desa Senilai Rp 500 Juta

Namun dalam pemberdayaan sebagai program padat karya, masyarakat dan pengurus KSM merasa tak dilibatkan sebagaimana seharusnya setelah dibentuk dihadapan Lurah dan Faskel.

Seyogianya program sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas) yang diprogramkan pemerintah pusat merupakan program padat karya pemberdayaan masyarakat dan pelaksanaannya harus transparan.

Sedangkan kegunaannya untuk penyediaan sarana air bersih dan sanitasi warga guna mencegah stunting atau gangguan pertumbuhan.

Tokoh masyarakat, Ali Nakman Harahap menjelaskan turut menandatangani slip pencairan ke Bank Sumut senilai Rp 110 juta untuk tahap satu pada 21 mei dan menyerahkan KTP untuk kelengkapan pencairan.

“Tidak pernah dilibatkan lagi setelah dicairkan untuk program padat karya sandes tersebut dan programnya sudah jalan ini. Jadi saya jadi merasa aneh dan takut nanti soal pertanggungjawabannya saya dilibatkan lagi” Kata Masliani didampingi Bendahara Kelompok Swadaya Masyarakat, Hanopan Bersatu Bersinar, Masliani Hasibuan, Jumat (4/6/2021).

Laman: 1 2

Berita Terkait