Viral Bidan Joget TikTok saat Tangani Pasien Lahiran, PB IBI Dalami Dugaan Pelanggaran Kode Etik

Sabtu, 18 Juni 2022 10:26
ist
Viral! Nakes Goyang TikTok saat Tangani Pasien Lahiran, Netizen: Minus Empati!

digtara.com – Viral, bidan joget TikTok saat menangani pasien lahiran. Pengurus Besar Ikatan Bidan Indonesia (PB IBI) pun sedang menelusuri dugaan pelanggaran kode etik oleh tenaga kesehatan (Nakes) tersebut.

Menurut Ketua PB IBI, dr. Emi Nurjasmi, M.Kes, pihaknya tidak akan menjudge atau menghakimi lebih dulu sebelum meminta keterangan kondisi sebenarnya saat video dibuat.

“Harusnya seperti itu (melanggar kode etik), tapi kita tidak bisa menjudge begitu saja. Ini yang sedang kami carikan informasinya, ini seperti apa kejadiannya. Tapi jika memang seperti itu kejadiannya, kita punya standar etika, itu tidak sesuai dengan kode etik kita melayani pasien,” ujar dr. Emi, melansir suara.com, Sabtu (18/6/2022).

Ia menjelaskan bahwa seorang bidan saat melayani pasien harus mematuhi etika dan kode etik. Salah satunya, bidan harus fokus pada pasien dan memberikan dukungan psikososial dan emosional saat melakukan pelayanan tindakan medis, termasuk juga bidan harus menjaga privasi pasien itu sendiri.

Baca: Viral! Nakes Goyang TikTok saat Tangani Pasien Lahiran, Netizen: Minus Empati!

“Jadi saya rasa, karena euforia TikTok itu, semua pekerjaan dan apapun pekerjaannya di-TikTok-in, dikontenin, harusnya itu nggak boleh, karena kita punya standar etika dan kode etik, dan itu tidak dibenarkan,” jelas dr. Emi.

Bahkan menurutnya, saat proses persalinan, dan bidan harus menunggu, maka yang dilakukan harus terus memantau kondisi pasien, sehingga membuat konten saat proses tindakan medis sebaiknya tidak dilakukan.

“Jadi dalam proses itu, pemantauan terus menerus selama proses berjalan. Jadi kita sudah punya SOP-nya,” tegas dr. Emi.

Laman: 1 2

Berita Terkait