Seorang Warga di Aceh Positif Korona Usai Pulang Bulan Madu, Istrinya ODP

Senin, 30 Maret 2020 06:08
Ilustrasi: Virus Corona.[net]
Rasmon Sinamo: Seluruh pegawai BPN Dairi Diwajibkan Isolasi Mandiri

digtara.com – Seorang Warga di Aceh Positif Korona Usai Pulang Bulan Madu dari Malaysia. Jumlah kasus positif Korona di Provinsi Aceh bertambah satu orang. Kasus terakhir yaitu seorang suami berusia 22 tahun yang baru pulang bulan madu dari Malaysia. Hingga kini, jumlah total menjadi lima orang.

“Yang positif orang baru pulang dari Malaysia, gak ada riwayat lain. Iya katanya gitu (pulang bulan madu),” kata Direktur Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh dr Azharuddin saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (29/3/2020).

Menurutnya, pihak RSUZA hanya mengambil swab tenggorokan pria tersebut karena sakit setelah pulang dari Malaysia. Sedangkan istrinya sekarang berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

“Pasien positif ini asal Aceh Besar,” jelasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, mengatakan, pasien tersebut bersama isterinya pulang dari Malaysia pada 15 Maret lalu. Beberapa hari berselang persisnya Minggu 22 Maret, dia masuk rumah sakit dengan keluhan batuk, demam, dan diare.

Pria tersebut kemudian dirawat di Respiratory Intenseive Care Unit (RICU) RSUD ZA Banda Aceh. Sehari berselang, tim medis mengambil swab tenggorokannya untuk dikirim ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan di Jakarta.

“Pada Rabu 25 Maret, pasien diizinkan pulang karena kondisinya sudah baik. Namun demikian, tim medis RSUZA Banda Aceh mewajibkan pasien tersebut menjalani karantina rumah, sesuai pedoman penanganan cepat medis dan Kesehatan Masyarakat Covid-19 di Indonesia,” jelas Saifullah.

“Setelah hasil pemeriksaan swab diterima dan PDP tersebut positif Covid-19, tim kesehatan gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 Aceh untuk penanganan lebih lanjut,” sebut Saifullah.[detik]

 

Positif Korona Usai Pulang Bulan Madu

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TV.
Jangan lupa, like comment and Subscribe.

Berita Terkait