Pemprov Sumut Kurbankan 140 Ekor Sapi Tahun Ini

  • Whatsapp
Pemprov Sumut Kurbankan 140 Ekor Sapi Tahun Ini
Ilustrasi Hewan Ternak untuk ibadah kurban. (Internet)

digtara.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan dapat menyembelih sebanyak 140 ekor sapi kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020 ini. Penyembelihan hewan kurban itu rencananya dilaksanakan 31 Juli 2020 mendatang.

Hal itu diungkapkan Asisten Administrasi Umum dan Aset Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara, M Fitriyus, Selasa (21/7/2020).

Fitriyus menyebutkan, daging hasil dari hewan yang dikurbankan itu nantinya akan dibagikan ke seluruh daerah di Sumut. Sehingga masyarakat di 33 kabupaten/kota yang ada dapat terbantu, khususnya mereka yang terdampak Covid-19.

Muat Lebih

“Kurban tersebut dihimpun dari seluruh ASN dan BUMD, termasuk dari pribadi Gubernur Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Sekretaris Daerah R Sabrina dan kemungkinan akan bertambah hingga hari H,” ujar Fitriyus.

Pembagian di kabupaten/kota, lanjut Fitriyus, akan berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten/kota. Sebelum diberangkatkan, sapi yang akan dikirimkan terlebih dahulu melalui proses cek kesehatan oleh dokter hewan. Hewan kurban diantar langsung ke kabupaten/kota bersamaan dengan besek (wadah tertutup yang terbuat dari anyaman). Kemudian, disembelih di daerah masing-masing.

Untuk Pulau Nias, tidak akan diantarkan langsung lantaran menghabiskan waktu yang lama dan biaya yang mahal. Oleh karena itu, akan diganti dalam bentuk uang dan dibeli di wilayah setempat.

Sedangkan pelaksaan kurbannya dipercayakan kepada MUI setempat yang lebih paham dengan masyarakat yang lebih berhak memperoleh. “Namun, kita tekankan agar masyarakat di pelosok desa lebih diutamakan. Apalagi di masa pandemi saat ini, banyak masyarakat yang terdampak. Kita harapkan mereka yang di pedesaan bisa dijangkau,” tuturnya.

 

Gunakan Besek…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar