Kembali Erupsi, BPBD Karo Ingatkan Masyarakat Hindari Zona Merah Sinabung

  • Whatsapp
Kembali Erupsi, Gunung Sinabung Embuskan Kolom Abu Hingga Setinggi 4 Ribu Meter
Erupsi Gunung Api Sinabung. (Istimewa)

digtara.com – Masyarakat diingatkan untuk menghindari daerah yang telah ditetapkan sebagai kawasan zona merah Gunung Api Sinabung.

Peringatan itu dikeluarkan BPBD Karo seiring dengan kembali terjadinya erupsi gunung api berketinggian 2.460 mdpl itu, dini hari tadi.

“Kita mengimbau kepada masyarakat dan pengunjung agar tidak memasuki kawasan zona merah Sinabung. Lebih baik dicegah daripada nantinya timbul korban jiwa,” sebut Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Natanail Peranginangin, Sabtu (8/8/2020).

Muat Lebih

Natanail mengatakan, saat ini pihaknya sudah turun ke lokasi terdampak untuk melakukan pendataan. Khususnya terhadap lahan pertanian masyarakat yang terdampak. Mereka juga melakukan sosialisasi untuk menenangkan masyarakat.

“Saat ini kita masih pendataan, khususnya di Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Merdeka dan Kecamatan Berastagi yang terdampak erupsi dini hari tadi,” tukasnya.

Sementara itu berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, erupsi terjadi tepat pukul 1:58 WIB. Erupsi membentuk kolom letusan setinggi 2 ribu meter di atas puncak gunung dengan pergerakan abu condong mengarah ke Timur.

Meski mengalami erupsi, namun hingga kini status Gunung Sinabung masih tetap berada pada Level III (Siaga).

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Kembali Erupsi, BPBD Karo Ingatkan Masyarakat Hindari Zona Merah Sinabung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan