Diduga Korupsi, Dua Bupati di Sumut Ditetapkan Jadi Tersangka

  • Whatsapp
Diduga Korupsi, Dua Bupati di Sumut Ditangkap Polisi
Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut. (dok digtara.com)

digtara.com – Dua Kepala Daerah (Bupati) di Sumatera Utara (Sumut) yakni Bupati Labuhanbatu Utara (Labura), KSS bersama Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel), WAT ditetapkan jadi tersangka diduga terlibat kasus korupsi. Diduga Korupsi, Dua Bupati di Sumut Ditetapkan Jadi Tersangka

Direktur Reskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana membenarkan keduanya sudah ditetapkan jadi tersangka diduga melakukan tindakan korupsi Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Bumi Bangunan (PBB). “Iya, keduanya (Bupati Labura dan Labusel) sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Direktur Reskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana kepada wartawan, Sabtu (5/12/2020).

Selanjutnya, penyidik akan menjadwalkan pemanggilan untuk pemeriksaan kedua kepala daerah tersebut dalam status tersangka. Sebelumnya KSS dan WAT sudah pernah diperiksa penyidik Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut.

Muat Lebih

Rony Samtana menyatakan pihaknya sedang mengintensifkan proses penyidikan kasus dugaan korupsi DBH dan PBB yang melibatkan kepala daerah. “Kita sedang memantapkan proses penyidikan untuk kepala daerah Bupati Labura dan Labusel,” kata Rony.

Rony menegaskan dua kepala daerah tersebut sudah memasuki tahap penyidikan. Selain itu, pihaknya juga sudah menetapkan sejumlah tersangka.

Sejumlah tersangka dari Labusel yakni Kepala Dinas pendapatan Kabupaten Labusel, MH dan Kabid Pendapatan tahun 2016, SL.

Selain itu, dari Pemerintah Kabupaten Labura sudah ditetapkan sebagai tersangka yaitu Kepala DPKD Labura tahun 2013, AFL, Kepala DPKD tahun 2014, FID, dan Kabid Pendapatan Tahun 2013,2014 dan 2015 yaitu inisial AP.

Akibat dari korupsi tersebut, lanjut Rony, kerugian negara diperkirakan mencapai miliaran rupiah. “Sudah kita temukan kerugian negara kasus itu. Doakan saja semoga kasus ini cepat selesai,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan saat ini baru Bupati Labura yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. “Labura sudah tersangka, Labusel belum,” tandasnya.

[ya]

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar