Jalur Kereta Api Sumut-Aceh Mulai Diuji Coba

Sabtu, 29 Februari 2020 20:37
Jalur kereta api (ilustrasi/net)

digtara.com | MEDAN – Balai Teknik Perkeretaapian kini tengah mengujicoba jalur kereta api Besitang, Langkat, Sumatera Utara-Langsa, Aceh. Pembangunan jalur kereta api ini merupakan salah satu proyek strategis nasional.

“Pengerjaan sudah rampung dan saat ini sedang diuji coba,” ujar Abdul Kamal seperti dilansir Antara, Sabtu (29/2/2020).

Abdul Kamal merupakan Pejabat Pembuat Komitmen Aceh Wilayah I dan Sumut Wilayah II Balai Teknik Perkeretaapian, Dirjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan.

Kalau sudah dianggap layak jalan oleh tim khusus, ujar Abdul Kamal, jalur KA yang menghubungkan Sumut-Aceh sepanjang 35 kilometer itu dioperasikan segera.

“Diperkirakan jalur itu baru dioperasikan padaLebaran 2020 atau akhir Mei dan Juni,” ujarnya.

Dengan rencana dioperasikan tahun ini, pembangunan jalur KA Besitang – Langsa yang dimulai 2017 itu sudah sesuai progres.

Dia menjelaskan, proyek itu dikerjakan Baltek Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Baltek Perkeretaapian berharap terus mendapat dukungan dari semua pihak. Sehingga operasional pembangunan jalur KA yang menghubungkan Sumut-Aceh itu juga berjalan lancar.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumut, M Ilud Siregar menyebutkan, jika jalur sudah selesai dan dinyatakan laik untuk dioperasikan, KAI siap mengoperasikan KA.

[AS]

Berita Terkait