Rusia Timur Dihantam Gempa 7,4 SR

  • Whatsapp
Pulau Pagai Selatan Diguncang Gempa Magnitudo 5,8
Ilustrasi

Digtara.com | Vladivostok – Gempa besar dengan kekuatan magnitudo 7,4 menghantam perairan timur jauh Rusia pada Kamis malam, menjelang dini hari waktu setempat. Sempat muncul desas-desus tentang tsunami, namun hal itu segera diralat oleh otoritas setempat, yang mengatakan kawasan pesisir di sekitarnya aman dari gelombang besar.

Dikutip dari CNBC News dari liputan 6.com, pada Jumat (21/12/2018), tidak ada laporan kerusakan berarti di sekitar lokasi gempa yang berada di tengah barat daya perairan Aleutian itu.

Lokasi gempa dilaporkan terjadi tidak jauh dari Semenanjung Kamchatka, yang awalnya tercatat oleh lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) berkekuatan magnitudo 7,8, sebelum direvisi menjadi 7,4.

Muat Lebih

Getaran dirasakan hingga radius 82 kilometer dari titik gempa, yang berada pada kedalaman 9 kilometer di bawah dasar laut, tidak jauh dari Kepulauan Nikolskoye.

Sebelumnya, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan gempa kemungkinan memicu gelombang besar hingga jarak 300 kilometer dari pusat getaran, tetapi kemudian diralat.

Dua kantor berita utama Rusia, RIA dan TASS, mengutip pejabat di Kementerian Darurat setempat, yang mengatakan tidak ada ancaman tsunami menyusul gempa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan