XL Axiata Dan Universitas Negeri Jember (UNEJ) Luncurkan Aplikasi Satwa Nusantara

Digtara.com| SITUBONDO, – Operator seluler XL Axiata bekerja sama dengan Universitas Negeri Jember (UNEJ) meluncurkan aplikasi bernama Satwa Nusantara, di Situbondo, Jawa Timur.

Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan manajemen sistem rantai peternakan bagi para peternak sapi. Sebagai tahap awal, dipilih desa Karang Tekok di Situbondo sebagai proyek percontohan.

Group Head Coporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa selain membangun infrastruktur, XL Axiata juga memberikan solusi untuk masyarakat. “Salah satunya di Desa Karang Tekok ini, masyarakat di sini kebanyakan mata pencahariannya peternak sapi, kami masuk dengan solusi digital untuk membantu masyarakat,” ujarnya.

Muat Lebih

Peternak sapi di desa Karang Tekok yang dekat dengan Taman Nasional Baluran itu bisa memantau perkembangan hewan peliharaannya dengan mudah menggunakan aplikasi berbasis Android.

Ekspansi ke 5 Kota Baru Konsep Farm Chain Management System (FMCS) di aplikasi Satwa Nusantara bisa mendata jumlah sapi yang dimiliki peternak, berat, jumlah pakan yang dikonsumsi, dan sebagainya. Aplikasi ini juga diharapkan bisa mengubah perilaku beternak sapi, dari semula digembala di padang rumput, menjadi peternakan di kandang yang lebih terkontrol pakannya.

Lewat data yang terkumpul, peternak bisa menghitung potensi ekonomi yang bisa didapatkan oleh peternak di masa depan. Aplikasi Satwa Nusantara hasil kerja sama XL Axiata dengan Universitas Negeri Jember (UNEJ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan