IDI Sebut Mudik Bukan Penyebab Kasus Covid-19 Meningkat

Rabu, 07 Juli 2021 16:41
internet
Polisi Putar Balik 1.070 Kendaraan yang Nekat Mudik Keluar Jakarta.

digtara.com – Kasus Covid-19 di Indonesia belakangan menjadi sorotan lantaran tiba-tiba melonjak drastis. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun mengungkapkan penyebab naiknya kasus Covid-19 tersebut. Penyebab Kasus Covid-19 Meningkat

IDI menyebut bahwa penyebab utama melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia adalah karena masuknya virus Corona varian delta ke Tanah Air.

Wakil Ketua Umum Pengurus IDI Slamet Budiarto mengungkapkan bahwa jika merebaknya virus ini dikarenakan adanya varian delta yang masuk ke Indonesia.

Slamet meragukan jika meningkatnya kasus dikarenakan kegiatan mudik.

Baca: Kontak Erat dengan Pasien Covid-19, Begini Penjelasan untuk Tes Antigen atau PCR

“Kalau penyebabnya mudik, mudik yang mana? tanggal 4-17 Mei sudah selesai masa inkubasi, nah setelah tanggal 17 saya nggak tahu, itu bisa dikaitkan, karena 4-17 Mei kalau dia mudik dia sudah nulari, dan saat itu 7 hari sudah keluar gejala. Jadi ini tidak mungkin, mungkin ada salah satunya iya. Tapi faktor pencetus utama adalah masuknya virus delta ke Indonesia,” terang Slamet seperti dikutip dari Hops.id–jaringan Suara.com pada Rabu (7/7/2021).

Ia menambahkan bahwa virus corona varian delta ini memang parah sekali. Kata dia, jika virus Corona biasa untuk bisa menulari manusia butuh waktu 3 bulan. Tapi varian delta ini hanya butuh waktu 2-3 minggu untuk menyebarkan virus.

“Virus lama butuh berapa bulan? 3 bulan kan? Oktober, November, Desember, Januari akhir meledak kan? Butuh waktu 4 bulan. Ini varian delta butuh waktu berapa? 3 minggu,” ujar Slamet.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait