Humas PN Medan Sebut Sidang Tipiring PPKM Berdasarkan Perda

Rabu, 21 Juli 2021 11:39
istimewa
Humas Pengadilan Negeri Medan, Immanuel Tarigan.

digtara.com – Selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, sudah ada 42 orang yang dikenakan sanksi baik denda maupun kurungan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan dalam sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring). Humas PN Medan Sebut Sidang Tipiring PPKM Berdasarkan Perda

Namun, masih banyak pertanyaan masyarakat yang belum mengetahui atas dasar apa sampai mereka dihukum dan sebagai lainnya ke tingkat Pengadilan.

Humas Pengadilan Negeri Medan, Immanuel Tarigan mengatakan diadakannya sidang tipiring itu berdasarkan perintah yang tertera dalam Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara.

“Kita tidak bisa sembarangan menyidangkan. Sidang ini masuk dalam kategori Tindak Pidana Ringan (Tipiring) Dimana kita diminta pemerintah untuk menyidangkan para pelanggar PPKM,” ucapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon Rabu (21/7/2021).

Menurut Immanuel, persidangan ini diadakan berdasarkan Perda Provsu No 1 tahun 2021 tentang Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian virus korona.

“Jadi kita tidak pakai UU karantina atau hal lainnya melainkan ini berdasarkan Perda yang telah ditetapkan oleh Gubsu,” jelasnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait