Meski Sudah Divaksin Masih Bisa Terpapar Covid-19, Begini Penjelasannya

  • Whatsapp
Masih Bisa Terpapar Covid-19 puskesmas simalingkar
(Proses vaksinasi di UPT Puskesmas Simalingkar. goklaswisely/digtara)

digtara.com – Orang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Meski sudah divaksin, orang tersebut agar tak berkontak dengan mereka yang positif Covid-19 karena tetap bisa menyebarkan virus. Masih Bisa Terpapar Covid-19

Hal ini disampaikan pakar kesehatan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Junior Doctor Network (JDN) Indonesia, dr. Vito Anggarino Damay.

“Orang yang divaksinasi masih ada risiko menyebarkan virus,” ujarnya sebagaimana dilansir dari suara.com –jaringan digtara.com, Senin (22/2/2021).

Muat Lebih

Vito mengatakan, anjurannya masih sama yakni tetap menerapkan protokol kesehatan antara lain mencuci tangan, mengenakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Upaya ini agar orang yang sudah divaksin tak terkena Covid-19 atau menularkan penyakit pada orang lain.

Apabila setelah divaksin, kemudian berkontak dengan orang yang positif Covid-19, prosedur yang perlu dilakukan sama seperti sebelum divaksin yakni PCR tes atau minimal antigen swab.

Baca: Begini Mekanisme Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

“(Prosedur setelah tes) saat ini masih sama, tapi tentunya setelah menerima vaksinasi diharapkan setidaknya tidak perlu (masuk) ICU atau tidak perlu rawat inap, cukup isolasi mandiri saja,” kata dia.

Tidak perlu Isolasi Mandiri

Sebelumnya, panduan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) belum lama ini menyatakan, orang yang telah divaksinasi Covid-19 tidak perlu melakukan isolasi mandiri apabila terpapar seseorang yang terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

2 Komentar