Dikurangi 15 Poin, Juventus Merosot 7 Peringkat

Sabtu, 21 Januari 2023 07:08
suara.com
Dikurangi 15 Poin, Juventus Merosot 7 Peringkat

digtara.com – Berikut klasemen Liga Italia 2022-2023 usai Juventus dijatuhi hukuman pengurangan 15 poin. Bianconeri pun terjun bebas dari peringkat ketiga ke urutan 10!

Juventus disanksi akibat kasus pemalsuan nilai transfer pemain dan laporan keuangan. Kabar itu diumumkan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) pada Jumat (20/1/2023) malam WIB.

Sanksi ini membuat Juventus yang sejatinya menduduki urutan tiga klasemen dengan koleksi 37 poin, kini terjun bebas ke peringkat 10 dengan 22 poin.

Baca: Tak Produktif dan Bikin Tekor, Juventus Pasrah Ronaldo Pergi

Bianconeri –julukan Juventus– bersama delapan klub lain yakni Sampdoria, Pro Vercelli, Genoa, Parma, Pisa, Empoli, Novara, dan Pescara sejatinya telah dibebaskan dari tuduhan pemalsuan laporan keuangan.

Namun, bukti-bukti baru kembali menyeret Bianconeri hingga dipastikan bersalah dan berujung hukuman yang tak hanya menyasar klub tetapi juga 11 orang dijajaran direksi yang dilarang berkecimpung di sepak bola Italia daam waktu bervariasi.

Penyelidikan ini menyebabkan jajaran dewan Juventus mengundurkan diri pada November, yang juga menandai berakhirnya era Agnelli dan Pavel Nedved. Nama terakhir merupakan legenda Bianconeri yang sebelum mundur menjabat sebagai wakil Presiden.

Selain mereka, ada juga Fabio Paratici yang kini menjabat sebagai Direktur Olahraga Tottenham Hotspur. Dia ikut kena sanksi tetapi larangan berkecimpung di sepak bola yang dijatuhi FIGC untuk sementara cuma berlaku di Italia.

Kepala jaksa Giuseppe Chine, setelah meluncurkan penyelidikan di klub, mengatakan dia merasa yakin dia memiliki “elemen bukti baru yang menunjukkan adanya kejahatan,” menurut La Gazzetta della Sport.

Laman: 1 2

Berita Terkait