Roy Suryo: Kini Koneksi Jadi Kebutuhan Dasar untuk Akses Teknologi

  • Whatsapp
Roy Suryo: Kini Koneksi Jadi Kebutuhan Dasar untuk Akses Teknologi
Roy Suryo: Kini Koneksi Jadi Kebutuhan Dasar untuk Akses Teknologi

digtara.com – Pakar Telematika, Roy Suryo mengatakan kondisi masyarakat saat ini sudah dipercepat dengan perkembangan teknologi. Alhasil konektivitas menjadi kebutuhan dasar setiap orang untuk mampu mengakses teknologi. Koneksi Jadi Kebutuhan

Hal itu dikatakannya saat Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan (STIK-P) Medan menggelar Seminar Online Nasional dengan tema, ‘Memberantas Akun Medsos Yang Berpotensi Lakukan Kejahatan,’ Jumat 27 November 2020.

“Dengan adanya teknologi informasi, semua generasi harus bisa menguasainya. Termasuk generasi milenial dan kolonial. Sebab perkembangan zaman mengharuskan kita untuk demikian. Kalau tidak kita akan ditinggalkan kemajuan ini,” ujarnya, Sabtu (28/11/2020).

Muat Lebih

Roy menambahkan, teknologi informasi ibarat pisau bermata dua yang memiliki pengertian positif sekaligus negatif. Pasalnya, dunia maya kini banyak dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab untuk kepentingan pribadi dengan mengorbankan publik.

“Saat ini sangat banyak akun yang provokatif, buzzer, manipulasi di sosial media. Ini harus dibasmi dengan pendekatan yang ilmiah. Dan hukum kita harus menjaga semuanya,” sebutnya.

Sementara itu, Kasubdit Cyber Crime Polda Sumut, Bambang Rubianto menjelaskan upaya pemberantasan yang menyangkut media cyber merupakan fungsi dari Polri dalam penegakan hukum. Ia juga menjelaskan akun fiktif yang digunakan untuk kepentingan pribadi dapat di indentifikasi dengan mudah.

“Akun palsu, konten, platform, dapat kita kenali dari ciri-cirinya. Kita bisa menduga identitas yang biasanya tidak asli, followernya atau jumlah pertemanannya sedikit,” ungkapnya.

Bambang juga menyarankan agar tidak mudah percaya kepada akun dan tidak memberikan data yang privasi. Himbaunya masyarakat mestinya harus mulai berhati-hati mengkonsumsi informasi yang tersebar di media sosial.

“Mulai saat ini masyarakat jangan mudah percaya seputar informasi yang tersebar di media sosial, terlebih bila berisi konten yang sensitif dan menyangkut kehidupan publik,” tutupnya.

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

Roy Suryo: Kini Koneksi Jadi Kebutuhan Dasar untuk Akses Teknologi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *