Pagi Ini, WhatsApp, Instagram dan Facebook Berangsur Mulai Pulih

Selasa, 05 Oktober 2021 06:33

digtara.com – Media sosial WhatsApp, Instagram dan Facebook mulai berangsur pulih usai lebih dari 6 jam down. Pengguna sudah mulai bisa melakukan rutinitas seperti biasa namun belum sepenuhnya baik.

Tumbangnya WhatsApp, Instagram dan Facebook kali ini terhitung cukup lama. Pantauan di Downdetector, gangguan akses ketiga layanan tersebut terjadi pada Senin (4/10) mulai pukul 23.00 WIB.

Masalah ini terjadi di seluruh dunia. Kendala koneksi ke server menjadi yang paling banyak dikeluhkan pengguna WhatsApp. Selain itu mereka mengaku tidak bisa menerima pesan dan mengakses aplikasi.

Sementara itu, banyak pula pengguna Instagram yang mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa memperbarui news feed. Bahkan beberapa yang lainnya mengaku tidak bisa log-in.

Alhasil tagar #WhatsApp dan #InstagramDown pun membanjiri Twitter yang sering digunakan netizen untuk berkeluh kesah jika ada layanan media sosial yang mengalami kendala.

Pihak Facebook sejauh ini belum mengungkap penyebab masalah yang terjadi di semua produknya. Namun sempat mengkonfirmasi adanya gangguan akses pada penggunanya.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis Facebook di Twitter.

“Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah menemani kami,” imbuhnya.

Cloudflare, sebuah perusahaan keamanan situs web menyatakan itu terjadi akibat masalah perutean lalu lintas.

Masalah itu membuat situs tidak dapat dijangkau oleh jutaan pengguna. Sementara itu perusahaan pengukuran iklan Standard Media Index memperkirakan Facebook kehilangan sekitar US$$545 ribu per jam selama gangguan itu terjadi.

Gangguan pada ketiga aplikasi tersebut merupakan pukulan kedua bagi raksasa media sosial itu.

Laman: 1 2

Berita Terkait