Memahami Etika Digital saat Berinteraksi di Medsos Dianggap Penting, Ini Penjelasannya

Selasa, 23 Agustus 2022 12:08
int
Ilustrasi Medsos.

digtara.com – Kemajuan teknologi internet membuat individu dapat berinteraksi dengan banyak orang melintasi geografis dan budaya. Namun, pengetahuan tentang etika atau khususnya etika digital di media sosia (Medsos).

Fasilitator Tular Nalar Guru dan Korwil Mafindo Bekasi Raya, Erie Heriyah mengatakan, pengguna di ruang digital harus mengetahui ruang lingkup etika berupa kesadaran dan tanggung jawab untuk menanggung konsekuensi saat berinteraksi di dalamnya.

“Integritas kejujuran dan kebajikan yang melihat lebih jauh nilai-nilai kemanfaatan,” kata Erie, melansir suara.com, Selasa, (23/6/2022).

Baca: 30 Link Twibbon Semarakkan HUT ke 77 Kemerdekaan RI, untuk Dishare ke Medsos atau Status WA

Kondisi ruang digital kini sedang berkembang para influencer dan content creator di berbagai platform media.

Bahkan sedang jadi profesi yang terbilang menjanjikan untuk ditekuni secara serius.

Adanya kemudahan dalam mengakses berbagai berita dan informasi di dunia maya, sehingga setiap pengguna perlu menyeleksi mana yang berita benar atau hoaks semata.

Etika saat berinteraksi di dunia maya juga termasuk dalam mendistribusikan konten-konten yang beredar. Jangan sampai ternyata apa yang disebarkan ulang hoaks atau berita bohong.

Lakukan cek re-chek terlebih dulu ketika menerima informasi. Apabila tidak yakin kebenaran beritanya sebaiknya cukup berhenti jangan disebarkan.

Laman: 1 2

Berita Terkait