Kekayaan Apple, Microsoft dan Facebook Kalah Dibanding Perusahaan Kapitalis Ini

  • Whatsapp
Kekayaan Apple, Microsoft dan Facebook Kalah Dibanding Perusahaan Kapitalis Ini
(internet)

digtara.com – VOC atau Vereenigde Oost-Indische Compagnie disebut sebagai perusahaan kapitalis paling kaya di dunia. Bahkan, ketika 20 perusahaan papan atas pada era kiwari digabungkan seperti Apple, Microsoft, Facebook, Tesla, dan lainnya, kekayaan VOC masih jauh melampaui. Kekayaan Apple, Microsoft dan Facebook Kalah Dibanding Perusahaan Kapitalis Ini

Menyadur Visual Capitalist Selasa (13/4/2021), kalau disetarakan dengan dolar modern, kekayaan VOC saat ini mencapai USD 7,9 triliun atau Rp 115 kuadriliun.

Angka ini didapatkan Alex Planes dari The Motley Fool, yang melakukan penelitian tentang perusahaan fantastis dalam sejarah.

Muat Lebih

Saking besarnya kekayaan VOC, perusahaan yang mengeruk keuntungan dari monopoli perdagangan dan penguasaan tanah di Indonesia ini, disebut bisa mempermalukan perekonomian modern.

Bayangkan saja, pada puncak kejayaannya, VOC memiliki perkiraan kekayaan yang sama dengan jumlah PDB Jepang Modern, yaitu USD 4,8 triliun.

Jika dilihat lebih teliti, kekayaan VOC baru bisa disamakan dengan jumlah cuan 20 perusahaan terbesar dunia seperti Apple, Microsoft, Amazon, ExxonMobil, Berkshire Hathaway, Tencent, dan Wells Fargo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan