Ketahui Apakah HP Anda Disadap dengan Cara Ini dan Tips Mengatasinya

Kamis, 10 Juni 2021 20:13
int
Ini Dia! Ketahui Apakah HP Anda Disadap dengan Cara Ini dan Tips Mengatasinya

digtara.com – Penyadapan HP atau ponsel bukan hanya sesuatu yang ada di film Hollywood saja. HP kalian bisa saja disadap oleh siapapun, mulai dari hacker, mantan pasangan, bos sampai pihak berwajib.

HP yang sudah di-jailbreak atau di-root biasanya lebih rawan disadap. Orang yang menyadap HP kalian tidak hanya bisa mendengarkan panggilan telepon, tapi juga membaca dan mengirimkan SMS atau email, bahkan mengubah tampilan antarmuka

Tapi untungnya ada banyak tanda-tanda yang bisa dilihat untuk mengetahui apakah HP kalian disadap atau tidak. Berikut tujuh cara mengetahui HP disadap dan tips untuk mengatasinya, seperti dikutip dari MakeUseof, Kamis (10/6/2021).

1. Baterai bermasalah

Sering mengalami baterai yang cepat habis atau cepat panas padahal sedang tidak digunakan untuk aktivitas berat? Bisa jadi ada aplikasi jahat yang dipasang diam-diam untuk menyadap HP kalian.

Jika sudah mencurigai kalau kalian menjadi korban penyadapan, coba monitor penggunaan HP kalian sehari-hari. Perhatikan aplikasi apa saja yang dipakai dan bagaimana efeknya terhadap daya tahan baterai.

Kalian bisa mengecek aplikasi apa saja yang paling haus baterai dan durasi penggunaannya lewat Settings di HP. Kalau ternyata penggunaannya normal tapi baterai HP kalian tetap bermasalah, ada kemungkinan perangkat kalian sudah disusupi aplikasi jahat.

2. Kuota internet cepat habis

Cara lainnya untuk mengetahui apakah HP disadap adalah dengan memantau kuota internet. Biasanya, aplikasi jahat yang diinstal diam-diam oleh hacker atau penyadap tidak hanya membuat boros baterai tapi juga kuota internet.

Aplikasi ini biasanya berjalan di background, menyedot banyak informasi dari ponsel, dan mengirimkannya ke server tanpa sepengetahuan pengguna. Tiba-tiba kuota internet yang baru diisi ulang sudah habis begitu saja.

Kalau sudah begini, coba lihat daftar aplikasi di ponsel yang paling haus kuota. Jika penggunaannya normal dan jawabannya tidak langsung ditemukan, bisa jadi ada aplikasi tersembunyi yang menghabiskan kuota internet kalian.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait