Hey Google! Apple Sedang Bikin Search Engine Sendiri Nih

  • Whatsapp
Apple Bakal Hadirkan Mac Baru Pekan Depan
Apple. (internet)

digtara.com – Apple dilaporkan sedang mempercepat pengembangan teknologi mesin pencari (search engine). Apakah Apple akan segera meninggalkan Google yang telah memberikan miliaran dolar AS ke perusahaan? Apple Sedang Bikin Search Engine Sendiri

Pengembangan ini sudah ditemukan sistem operasi iPhone, iOS 14 di mana Apple mulai menunjukkan hasil pencarian sendiri dan menautkan langsung ke situs web ketika pengguna mengetik kata kunci di layar beranda.

Apple dikenal sangat salah satu perusahaan yang menutup rapat-rapat pengembangan internal yang dilakukan perusahaan. Namun dua setengah tahun lalu, Apple membajak head of search Google, John Giannandrea.

Muat Lebih

Pengembangan mesin telusur sendiri ini akan bisa memberikan alternatif bagi perusahaan jika regulator memblokir kerja sama antara Google dan Apple. Departemen Kehakiman sudah mengajukan tuntutan monopoli ke Google.

Salah satu dasarnya adalah kerja sama eksklusif untuk menjadikan mesin telusur Google sebagai mesin pencari default di perangkat Apple. Kerja sama ini menghasilkan US$8 miliar hingga US$12 miliar per tahun bagi Apple.

Baca: Dukung Aktivitas Bersepeda, Google Maps Hadirkan Fitur Baru Khusus Sepeda

“Mereka [Apple] memiliki tim yang kredibel yang menurut saya memiliki pengalaman, jika mereka mau, untuk membangun mesin pencari yang lebih umum,” kata Bill Coughran, mantan kepala teknik Google, melansir Financial Times, Jumat (30/12/2020).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan