Awas! Ada Malware di Film Bajakan Spider-Man: No Way Home

Selasa, 28 Desember 2021 16:28
int
Jelang Tayang, Film Spider-Man: No Way Home Belum Selesai Digarap

digtara.com – Perusahaan keamanan siber ReasonLabs memperingatkan pengguna untuk hati-hati saat mengunduh film Spider-Man: No Way Home di situs bajakan Torrent. Sebab, film bajakan itu mengandung malware yang dapat menambang mata uang kripto (cryptominer).

Disebutkan bahwa film bajakan itu terinfeksi oleh cryptominer Monero. File ini ditemukan oleh pengguna dan tidak cocok dengan file jahat lain yang ada di database ReasonLabs.

Tidak diketahui berapa banyak orang yang perangkatnya sudah terinfeksi dengan cryptominer ini. Namun peneliti memprediksi file itu sudah disebar di situs Torrent sejak lama.

Baca: 96 Warga Binaan Beragama Kristen Dapatkan Remisi dari Lapas Kelas II A Binjai

“Malware Spiderman sebenarnya adalah edisi baru dari malware yang sebelumnya dikenal yang menyamar sebagai berbagai aplikasi populer seperti windows updater, discord app, dan sekarang film Spiderman,” ujar tim peneliti ReasonLabs, dikutip dari ThreatPost, Senin (27/12/2021).

ReasonLabs melaporkan bahwa nama file diterjemahkan dari bahasa Rusia asli, “spiderman_net_putidomoi.torrent.exe,” menjadi “spiderman_no_wayhome.torrent.exe” dalam bahasa Inggris. Bahkan malware mampu menembus pertahanan dari Windows Defender.

Setelah cryptominer ini terinfeksi ke perangkat, korban mungkin tidak menyadari adanya malware itu karena beroperasi diam-diam di latar belakang. Akibatnya, perangkat menjadi lebih lambat dan boros listrik karena digunakan diam-diam menambang Monero.

“Meskipun malware ini tidak membahayakan informasi pribadi (yang ditakuti sebagian besar pengguna ketika ada virus di komputer mereka), kerusakan yang disebabkan oleh miner dapat dilihat pada tagihan listrik pengguna,” jelas ReasonLabs.

Laman: 1 2

Berita Terkait