Apple Kembangkan Fitur di iPhone untuk Deteksi Kecemasan dan Depresi

Kamis, 23 September 2021 12:33

digtara.com – Apple dilaporkan tengah mengerjakan fitur untuk mendeteksi Depresi, kecemasan, autisme, dan penurunan kognitif yang bisa berkembang menjadi Alzheimer atau demensia lainnya. Apple Fitur iPhone

Laporan Wall Street Journal menyebutkan, deteksi depresi dan penurunan kognitif ini akan menggunakan data pribadi ekstensif yang dikumpulkan oleh sensor pada perangkat Apple seperti iPhone dan Apple Watch.

Dilansir New York Post, Rabu (22/9/2021), data-data yang dikumpulkan tersebut termasuk informasi pola tidur pengguna, aktivitas fisik, perilaku megnetik, dan lain-lain.

Mengutip Engadget, para peneliti berharap analisis data seperti mobilitas, pola tidur, dan bagaimana tipe seseorang bisa mendeteksi perilaku yang terkait dengan kondisi-kondisi kesehatan mental tersebut.

Baca: Wujudkan Mimpi Produksi Mobil Listrik, Apple Siap Gandeng LG Magna

Pengukuran lain juga dapat mencakup analisis ekspresi wajah, detak jantung, dan pernapasan, yang semuanya diproses di perangkat tanpa data yang dikirim ke server Apple.

Upaya itu kabarnya sedang digarap Apple bersama para peneliti di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat. Penelitian yang dilakukan meliputi studi tentang stres, kecemasan, dan depresi.

Baca: Apple Bakal Hapus Fitur Password untuk Login ke Perangkat

Sebanyak 3.000 sukarelawan pengguna Apple Watch dan iPhone dipelajari data-datanya. Studi tersebut dikabarkan mulai pada 2021 ini. Fase pilot sudah dimulai 2020 melibatkan data dari 150 peserta.

Selain itu, Apple diketahui berkolaborasi dengan Biogen Inc., untuk mempelajari penurunan kognitif.

Laman: 1 2

Berita Terkait